WOW! Harga Minyak Dunia Naik 1% Berkat Kenaikan Permintaan China

Harga minyak dunia tercatat mengalami kenaikan sebesar 1% pada Jumat atau Sabtu waktu Indonesia. Kenaikan harga minyak ini turut didorong oleh beberapa hal.

Penyebab pertama adalah pertumbuhan produksi minyak mentah Amerika Serikat yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, peningkatan permintaan China terhadap impor minyak juga turut menyebabkan naiknya harga minyak dunia.

Melansir laman Reuters, Sabtu (15/7/2017), harga minyak mentah Brent tercatat mengalami kenaikan sebesar 49 sen atau sekira 1% pada level USD48,91 per barel.

Sementara itu, harga minyak mentah AS West Texas Intermediate juga berhasil mengalami kenaikan sebesar 46 sen atau 1% pada level USD46,54 per barel.

Hanya minyak mentah AS naik lebih dari 5,2% pada pekan ini. Sementara itu, harga minyak mentah Brent naik lebih dari 4,7%.

Persediaan minyak mentah AS tercatat turun sebesar 7,6 juta barel pekan lalu. Angka penurunan adalah yang terbesar dalam 10 bulan terakhir. Penurunan angka produksi minyak AS ini turut mendorong kenaikan harga minyak dunia.

“Saya pikir pendorong terbesar (kenaikan harga minyak) adalah (penurunan) angka persediaan (minyak AS) ini,” kata Head of Energy Research di CFRA Research Stewart Glickman seperti dikutip Reuters, Sabtu (15/7/2017).

Selain itu, naiknya permintaan minyak dari China juga turut menjadi pendorong kenaikan harga minyak. Kepabeanan China mencatat, impor minyak mentah China selama enam bulan pertama 2017 meningkat 13,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Post Terkait