Waspadai Biaya Tak Terduga saat Anda Miliki Anak, Beli Mainan hingga Les Anak

Setelah berkeluarga, memiliki anak adalah impian bersama pasangan untuk menjadi keluarga yang utuh. Memiliki anak juga harus disertai dengan tabungan yang cukup untuk bisa mewujudkan cita-citanya nanti. Tidak heran, saat sudah memiliki anak, pengeluaran menjadi bertambah. Tidak hanya pengeluaran rutin sehari-hari, namun akan ada pengeluaran tak terduga yang juga muncul saat sudah punya anak.

Seperti apa pengeluaran tak terduga ini? Umumnya, berupa kebutuhan harian yang biasa kita konsumsi. Kebutuhan ini seperti makanan, uang untuk sekolah, susu anak, pakaian anak, dan lain sebagainya. Beberapa pengeluaran ini bisa meningkat jumlahnya sehingga kita harus mempersiapkan budget khusus agar tidak keteteran. Berikut ini tujuh pengeluaran besar yang tak terduga yang wajib diketahui bagi Anda yang sudah memiliki anak.

1. Biaya Anak Sakit

Saat memiliki anak, kita juga harus waspada bila anak sedang sakit. Penyakit bisa menyerang anak kapan saja, terutama saat keadaan cuaca sedang kurang baik. Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan juga rentan terkena penyakit. Sebagai orang tuanya, kita harus selalu mendampingi anak saat sedang sakit. Lakukan yang terbaik untuk anak dengan mempersiapkan dana darurat untuk kesehatan. Bisa juga dengan mendaftarkan anak untuk program BPJS kesehatan keluarga. Agar lebih maksimal, daftarkan juga anak untuk asuransi kesehatan.

2. Biaya Les Anak

Saat anak sudah memasuki usia sekolah, sebaiknya mereka tidak hanya menerima pendidikan dari sekolah umum saja. Daftarkan mereka pada pendidikan penunjang bakat dan minat anak. Daftarkan mereka ke kelas les dansa, les musik, les bela diri, dan lain sebagainya. Akan lebih baik, jika anak didaftarkan ke beberapa kelas tersebut saat Anda sudah melihat bakat yang ada pada dirinya. Biaya untuk les semacam ini cukup mahal. Maka dari itu, siapkan budget khusus untuk kegiatan ini.

3. Biaya Studytour Sekolah Anak

Salah satu biaya yang akan menjadi pengeluaran tak terduga adalah studytour sekolah. Biaya akan lebih besar saat sekolah mengadakan acara karyawisata ke luar kota. Kegiatan ini biasanya bersifat dadakan. Perhatikan list pengeluaran karyawisata yang sudah ditentukan pihak sekolah, lalu siapkan budget khusus yang harus dibayarkan.

4. Liburan Bersama Keluarga

Setelah memiliki anak, tentu merupakan waktu yang tepat jika kita memiliki waktu untuk berlibur bersama anak. Berbicara soal biaya, jika kita memilih destinasi tempat liburan yang cukup jauh, tentu budget harus lebih besar. Jika anak ikut serta dalam acara liburan keluarga, sebaiknya membuat perencanaan keuangan jauh-jauh hari. Sebab, jika tanpa perhitungan keuangan tidak akan terkendali.

5. Membeli Mainan Anak

Anak-anak sangat suka dengan mainan. Pengeluaran untuk mainan juga harus ada di list pengeluaran tak terduga. Keinginan untuk membeli mainan bisa datang kapan saja. Hindari membelikan mainan untuk anak dengan kisaran harga yang terlampau tinggi. Walaupun kita menyayangi anak-anak, bukan berarti kita harus selalu mengiyakan keinginan mereka yang di luar batas kemampuan kita. Sebaiknya, belikan mainan untuk anak yang terjamin kualitasnya, pas harganya, dan bebas dari zat berbahaya.

6. Mengadakan Pesta Ulang Tahun

Mengadakan pesta ulang tahun untuk anak merupakan momen yang akan membahagiakanya. Namun yang menjadi masalah, saat anak ingin merayakan pesta ulang tahun secara besar-besaran dan meriah. Untuk itu, kita akan membutuhkan anggaran yang cukup berlebih. Sebaiknya, berikan penjelasan pada anak bahwa pesta ulang tahun tidak selalu harus meriah. Cukup undang teman-teman dekat saja. Ajarkan anak untuk hidup lebih hemat.

7. Membeli Gadget untuk Anak

Pengeluaran tak terduga yang penting untuk dicatat adalah pembelian gadget. Zaman sudah canggih seperti ini, anak-anak mulai suka bermain dengan gadget baru. Boleh saja membelikan mereka gadget, tapi kembali pada keadaan keuangan Anda. Selain itu, perhatikan apa kebutuhan anak untuk gadget tersebut. Jika hanya perlu untuk bermain games, belikan gadget yang khusus untuk bermain games saja.

Sebagian Besar Pengeluaran Tak Terduga untuk Hiburan

Dari ketujuh pengeluaran tak terduga tersebut, rata-rata kebutuhan datang dari hal yang bersifat hiburan. Maka dari itu, sangat penting bagi kita para orang tua untuk membuat anggaran keuanganya terlebih dulu. Lakukan kegiatan menabung dengan maksimal untuk keperluan dana darurat agar kita bisa menutupi pengeluaran tak terduga tersebut.

Post Terkait