Wajib Tahu, Cara Cerdas Memilih Pinjaman Tanpa Agunan Online

Pinjaman online kini begitu mudah didapat. Namun, tidak semua pinjaman online yang tersedia menawarkan bunga yang wajar. Perlu kiat khusus agar Anda mendapatkan pinjaman online yang tepat agar Anda tidak dirugikan.

Semua nasabah calon peminjam tentu ingin mendapatkan pinjaman yang sesuai dengan keinginannya; syaratnya mudah, tidak ribet, biaya serta bunga pinjamannya masih bersaing; serta bunga pinjaman yang didapat tidak terlalu tinggi.

Namun untuk mendapatkannya, sekarang serasa sangat sulit. Beragam tawaran pinjaman online di internet selalu menawarkan bunga yang besar.

Terbukti, pencarian di mesin pencari Google maupun iklan Facebook dan YouTube selalu bermuara pada situs pinjaman online yang menawarkan pinjaman mudah dan cepat namun dengan bunga sangat tinggi.

Meskipun prosesnya mudah, tanpa proses BI checking hingga tanpa syarat slip gaji, situs pinjaman online langsung cair itu mengenakan bunga yang dihitung berdasarkan harian.

Sehingga bila dihitung bulanan, bunganya melonjak menjadi 20 persen per bulan. Apalagi jika dihitung secara tahunan (annually), tentu lebih besar lagi.

Sebaiknya, Anda menghindari pinjaman online langsung cair yang banyak ditemukan di internet dengan bunga harian dan setinggi langit.

Berikut ini cara cerdas yang wajib Anda ketahui untuk mendapatkan pinjaman online dengan bunga rendah dan wajar, seperti dikutip HaloMoney.co.id.

1. Pilih pinjaman dari bank

Salah satu strategi penting ialah memilih pinjaman dari bank. Dengan meminjam dari bank, Anda akan terhindar dari produk pinjaman yang tidak terdaftar dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Artinya, pinjaman tersebut telah memenuhi kriteria dan peraturan yang diatur oleh OJK, selaku pengawas industri keuangan di Indonesia.

Namun jika Anda meminjam di luar bank, produk pinjaman yang Anda ambil belum tentu telah lulus pengawasan OJK, sehingga bunga pinjamannya dianggap masih dalam batas wajar.

2. Bandingkan bunga dan biaya lain

Langkah berikutnya ialah melakukan perbandingan bunga antar pinjaman online yang ditawarkan bank. Selain bunga, perbandingan yang bisa Anda lakukan ialah seputar biaya lain seperti biaya administrasi dan biaya di awal (provisi).

Tentu Anda perlu memilih pinjaman online yang menawarkan bunga paling rendah dan biaya lain yang minim. Untuk melakukan perbandingan produk keuangan, Anda bisa melalukannya di HaloMoney.co.id.

3. Siapkan dokumennya

Pinjaman online dengan bunga rendah selalu mensyaratkan dokumen pribadi. Sebab itu, siapkanlah syarat dokumen sebelum Anda mengajukan pinjaman.

Dokumen pribadi yang umum diminta bank ialah identitas diri seperti KTP dan Kartu Keluarga, nomor pokok wajib pajak (NPWP), slip gaji bagi karyawan, fotocopy kartu kredit, dan surat domisili/izin usaha dari kelurahan jika Anda mencari pinjaman usaha.

Dengan menyiapkan dokumen dari jauh hari, Anda tidak tergiur dengan pinjaman online yang menawarkan syarat mudah tanpa dokumen. Meskipun ada pinjaman online yang menawarkan syarat mudah, yaitu hanya dengan memberikan sedikit informasi pribadi saat membuka akun di situs atau aplikasi pinjaman online, namun nantinya Anda justru akan terkena bunga pinjaman yang tidak wajar.

4. Pilih tenor yang singkat

Meski bunga pinjaman yang ditawarkan relatif rendah, cara lainnya ialah memilih pinjaman onlinedengan tenor singkat. Jika Anda bisa mencicilnya dalam waktu satu tahun, tidak perlu memilih tenor dua tahun.

Untuk pinjaman tanpa agunan, sebaiknya tenor pinjamanmu maksimal dua tahun. Jangan sampai mengambil pinjaman dengan tenor lebih dari itu karena bunga yang harus Anda bayarkan jadi lebih berat.

Post Terkait