Waduh, OJK Kembali Hentikan 5 Investasi Bodong!

Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi kembali menghentikan kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi tanpa izin. Penghentian kegiatan dilakukan untuk lima entitas.

Penghentian kegiatan usaha tersebut dilakukan dengan pertimbangan tidak adanya izin usaha produk yang ditawarkan. Untuk itu, lima entitas ini harus menghentikan kegiatannya agar tak merugikan masyarakat umum.

“Kegiatan penawaran investasi yang dilakukan berpotensi merugikan masyarakat karena imbal hasil atau keuntungan yang dijanjikan tidak masuk akal,” ujar Kepala Satuan Tugas Waspada Investasi sekaligus sebagai Direktur Kebijakan dan Dukungan Penyidikan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam Lumban Tobing dalam keterangannya, Sabtu (23/9/2017).

Lima entitas yang dilarang untuk menjalankan kegiatannya adalah sebagai berikut:

1. Koperasi Karya Putra Alam Semesta/ Invesment Management Consortium (Gunung Putri Bogor)

2. Smart Banking Exchange/ PT Solarcity Kapital Indonesia (Jakarta)

3. PT Istana Bintang Universal (Jakarta)

4. PT Papan Agung Solution (Sidoarjo Jawa Timur)

5. PT Global Ventura Pratama/ Gold Indo Financial / GIF Financial (Pekanbaru Riau)

Satgas Waspada Investasi telah melakukan pemanggilan terhadap lima entitas tersebut untuk menjelaskan legalitas dan kegiatan usahanya. Dari pemanggilan tersebut, Koperasi Karya Putra Alam Semesta/Invesment Management Consortium, Smart Banking Exchance/ PT Solarcity Kapital Indonesia, dan PT Istana Bintang Universal hadir dalam rapat tersebut. Sementara itu, untuk PT Papan Agung Solution dan PT Global Ventura Pratama tidak hadir dalam rapat bersama OJK.

Post Terkait