Utang Terlanjur Bengkak, Benar Nggak Sih Gali Tutup Lubang Bikin Enteng?

Restrukturisasi utang dengan cara menutup utang lama dengan mengganti utang baru dengan bunga rendah kerap dianggap meringankan beban utang. Benarkah?

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi Andy Nugroho mengatakan, hal itu bisa saja meringankan utang seseorang karena cicilannya akan menjadi ringan. Namun, restrukturisasi utang bukan perkara mudah.

Menurut Andy, untuk restrukturisasi perlu usaha yang ekstra. Dia bilang, seseorang mesti ahli dalam menghitung ulang utang tersebut. Kemudian, restrukturisasi perlu waktu yang lama karena menyiapkan berbagai persiapan seperti dokumen dan administrasi.

“Restrukturasi utang kan berarti ada waktu, ada pikiran tenaga yang disediakan,” kata dia kepada detikFinance di Jakarta, Minggu (1/4/2018).

Dia menambahkan, jika seseorang tidak ahli dalam menghitung utang tersebut yang terjadi justru tambah direpotkan dangan masalah utang. “Kalau hitung-hitungannya nggak paham banget di sini berapa bunga berapa, flat nggak, ribet juga,” tambahnya.

Menurutnya, cara terbaik mengatasi utang yang membengkak ialah konsisten melakukan pembayaran utang itu sendiri. Dia bilang, seorang mesti disiplin membayar utang.

Caranya, ialah memangkas pengeluaran yang tidak perlu untuk kemudian memperbesar cicilan utang yang terlanjur membengkak. “Caranya puasa gaya hidup, ngopinya di kafe dikurangi misalnya,” ujar Andy.

Ada utang yang belum dibayar dan ingin dilunasi detikcom? Bisa kok.

Bagi pembaca detikcom sendiri masih memiliki kesempatan jika ingin ikut dilunasi utangnya. Pembaca yang berkesempatan dilunasi cicilannya adalah pembaca melalui aplikasi detikcom, baik itu pengguna android maupun iOS.

Post Terkait