Utang Tak Lunas-lunas? Lakukan Langkah Ini dan Nomor 7 Paling Penting

Perjalanan ke kantor pagi ini membuahkan suatu pemikiran. Lha kok pagi-pagi sudah mikir toh. Tiba-tiba saja masuk SMS dengan berita ‘Yth.Bapak Agus, dapatkan pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan proses cepat tanpa cek BI dan bunga rendah’. Selama ini sih kalau dapat SMS ginian langsung di-delete saja.

Dapat SMS delete, dapat lagi delete lagi, dapat lagi delete lagi…dan begitu seterusnya. Nah, pagi ini jadi kepikiran, kok serangannya hampir setiap hari ya, bahkan sehari bisa 2,3 atau bahkan 4 kali dengan versi yang beda-beda tapi tetap satu tujuannya. Mau kasih utang, begitulah tujuan akhirnya. Siapa yang tertarik dengan berita seperti ini? Ayo ngaku dan angkat tangan deh. Dan mengapa serangan ini terus menyerang kita?

Dalam keadaan terpaksa terkadang kita sering lupa diri, apalagi sedang butuh uang untuk keperluan yang mendesak. Pikiran kita selalu menganggap itulah langkah terbaik untuk dilakukan. Jika keputusan ini yang diambil, jelas kita sudah masuk dalam jebakan finansial. Memang sih, kita akan segera mendapatkan dana segar. Bisa bayar keperluan yang sudah menunggu di depan mata. Tapi di balik itu semua, kita harus siap-siap untuk membayar kewajiban pada tanggal jatuh temponya. Sudah siapkah dana untuk membayar sebelum jatuh tempo? Ingat lho, yang kita bayar itu bukan pokoknya saja tapi berikut bunga. Parahnya lagi kalau terlambat bayar, akan diikuti dengan beban bunga.

Akhirnya jika kita wanprestasi setiap bulan, gagal bayar, telat bayar…alhasil tunggakan utang semakin menumpuk dan kesulitan untuk melunasinya. Bagaimana kalau ini terjadi? Utang tidak lunas-lunas, bukannya lunas malahan nilainya terus bertambah naik. Tidur jadi tidak nyenyak, makan pun sudah tak enak, timbul perasaan curiga setiap ada yang bertamu ke rumah, dan banyak hal lagi yang membuat tidak tenang.

Mau kan terbebas dari utang yang terus mengejar? Berikut langkah-langkah yang perlu diambil agar utang dapat terlunasi, sebagai berikut:
1. Catat semua utang. Tulislah dalam satu daftar yang menunjukkan jumlah utang kita secara keseluruhan dengan jelas dan detil. Termasuk di dalamnya tanggal mulai berutang, jumlah nominal, jangka waktu pinjaman, bunga pinjaman, cicilan pokok bulanan, biaya bunga bulanan, dan informasi lain yang diperlukan. Catat semua jangan sampai ada yang terlewatkan.
2. Tentukan prioritas yang akan dilunasi terlebih dahulu. Setelah mempunyai data lengkap atas utang, sekarang waktunya kita membuat skala prioritas dalam pelunasannya. Hal ini penting agar utang yang tertunggak cukup lama dan bunga yang tinggi dapat segera terlunasi.
3. Lakukan negosiasi dengan bank penerbit atau lembaga keuangan yang memberikan utang. Kita bisa berusaha melakukan langkah ini dengan cara mengajukan reschedule terhadap pelunasan utang. Dalam kesempatan ini pastikan juga kita mengajukan permohonan untuk penghapusan beban bunga dan mereschedule sisa utang yang harus diselesaikan.
4. Berhentilah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang bisa dilakukan penghematan. Lakukan segera penghematan dengan sedikit mengubah gaya hidup. Misalnya, kalau setiap hari makan siang beli di kantor, sudah waktunya membawa makanan dari rumah. Biasanya selalu beli air minum mineral, tidak ada salahnya kalau membawa minum sendiri.Dan hal-hal lainnya yang bisa sedikit menghemat pengeluaran kita.
5. Kalau ada tabungan ambil uangnya dan bayar, atau jual aset? Motor misalnya, tidak ada salahnya toh, kan lain waktu bisa kita beli kembali. Karena dengan semakin cepat utang terlunasi maka hidup akan semakin tenang. Namun yang terpenting adalah utang kita tidak terus beranak pinak.
6. Gunting kartu kredit, jika sumber utangnya dari kartu sakti ini. Pada saat kita sedang berusaha melunasi utang, langkah ini bijaksana kita lakukan. Tujuannya agar tidak tergoda untuk memanfaatkan kartu kredit sebagai alat pembayaran.
7. Disiplin dan seriuslah! Semua langkah di atas tidak akan ada gunanya bila dalam diri kita tidak ditanamkan untuk disiplin dan serius dalam menyelesaikan utang ini. Motivasi diri sangat penting agar kehidupan ke depan jauh lebih baik dan terbebas dari utang. Keberhasilan pasti akan mengikuti langkah kita kalau semuanya dilandasi dengan kedisiplinan dan keseriusan dalam menjalankannya.

Mau belajar lebih detil lagi? Ikuti kelas-kelas dan workshop yang kami rekomendasikan berikut ini. Di bulan Oktober akan ada workshop mengelola keuangan dan gaji CPMM di Jakarta info di sini sementara untuk Kaya Raya dengan Reksa Dana Jakarta info buka di sini berbarengan dengan workshop Intermediate Financial Planning info buka di sini. Sementara untuk bulan November akan ada kelas Basic Financial Planning lagi, info bisa dilihat di sini. Selain itu bisa juga bergabung di akun telegram group kami dengan nama Seputar Keuangan.

Post Terkait