TRIK HEMAT: Mandiri Secara Finansial, Gimana Caranya Ya?

Semua orang ingin mencapai Kemandirian finansial setelah memiliki penghasilan sendiri. Artinya semua orang ingin memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya sendiri, tanpa perlu meminta atau dibantu oleh orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun, ada juga yang beranggapan kemandirian finansial adalah kita saat sudah tidak memiliki ketergantungan lagi dengan uang. Namun, tidak semua orang bisa mencapai kemandirian financial dengan mudah karena harus melalui proses, harus kerja terlebih dahulu atau berususah payah dahulu untuk menciptakan bisnis.

Lalu apakah saat masih meminta uang kepada orang tua disebut kemandirian finansial?

Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan, ketika seseorang masih mengandalkan orang tua mereka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, maka orang tersebut tidak layak dikatakan mendiri secara finansial.

“Sudah punya penghasilan belum? Kalau sudah berarti dia belum mandiri finansial. Kalau sudah bekerja, dan masih minta berarti belum mandiri,” ungkap Eko kepada Okezone.

Selain itu, Eko mengatakan jika saat ini belum memiliki penghasilan baik kuliah atau menganggur, maka dia bisa mencoba mandiri secara finansial bila uang yang diberikan orang tua bisa dikelola dengan baik dan cukup bagi dirinya. “Kalau belum punya penghasilan, tapi bisa mencukupkan dari yang dikasi orang tua, itu artinya sudah mandiri,” jelas Eko.

Senada, Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan jika sesorang belum mampu mengendalikan aliran uangnya, sehingga masih bergantung kepada orang lain, maka orang tersebut belum “lulus” finansialnya. “Karena berarti sedikit banyak masih bergantung pada orang lain,” kata Andi.

Dia menilai, jika penghasilan tidak mencukupi meskipun sudah bekerja, maka sebaiknya mengurangi kebutuhan yang tidak terlalu penting. Dengan dimikian, maka kita bisa menghindari defisit yang menyebabkan kita harus meminta tambahan dana kepada orang tua.

“Atau bisa dengan cara menambah penghasilan. Karena motivasinya adalah dapat memenuhi semua kebutuhan tanpa harus bergantung pada pihak lain,” tutur dia.

Post Terkait