Tips Memilih Kartu Kredit yang Tepat

DI ERA modern seperti sekarang, banyak orang yang lebih menyukai hal instan dan praktis, contohnya adalah kartu kredit. Kartu ajaib ini hadir dengan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Inilah yang menyebabkan kartu debit dan uang cash bergeser ke kanan dan segera digantikan oleh kartu kredit.

Kartu kredit bisa membantu semua orang untuk menciptakan kondisi finansial yang sehat. Kartu kredit bisa digunakan untuk membiayai semua kegiatan yang Anda perlukan. Keuntungan yang didapatkan pun bisa maksimal apabila kartu kredit digunakan secara tepat. Pertanyaannya, “sudahkan Anda memiliki kartu kredit?”

Memiliki kartu kredit menjadi hal yang lazim saat ini. Sebelum beralih pada kartu kredit, sebaiknya Anda mengetahui tipe kepribadian Anda terlebih dahulu. Apakah shopaholic, pebisnis, ibu rumah tangga, atau seorang traveler. Mengetahui hal kecil ini dapat membantu Anda untuk memutuskan jenis kartu kredit apa yang tepat.

Proses pemilihan kartu kredit tidak boleh asal-asalan. Cermati beberapa tips memilih kartu kredit di bawah ini.

1. Mengetahui Dasar Pemakaian

Hampir semua Bank yang ada di Indonesia memfasilitasi nasabahnya dengan kartu kredit. Kartu ini adalah alat pembayaran non tunai yang bisa digunakan pada toko atau outlet tertentu. Kartu kredit kerap kali memberikan penawaran dan promo-promo menarik yang membuat banyak orang tergiur untuk menggunakannya.

Sebelum mengajukan proses pembuatan kartu kredit, ketahuilah dasar-dasar pemakaiannya, seperti cara kerjanya, keunggulan, kelemahan, dan prosedur pemakaiannya. Kuasai hal dasar ini dengan baik untuk menambah pemahaman Anda seputar penggunaan kartu kredit yang tepat.

2. Ketahui Tujuan Penggunaannya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda perlu mengetahui apa tujuan dasar penggunaan kartu kredit. Apakah itu untuk wisata kuliner, travelling, berburu promo belanja, atau untuk menginap di hotel? Agar kartu kredit memberikan manfaat secara maksimal, ketahui dulu kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan dengan kartu ajaib ini.

3. Mengetahui Biaya-Biaya yang Terjadi

Salah satu poin penting yang perlu diperhatikan adalah mengetahui biaya apa saja yang akan terjadi saat pengguna menggunakan kartu kredit tersebut, seperti biaya tarik tunai, biaya bunga, biaya tahunan atau annual fee, biaya keterlambatan, dan biaya materai.

Secara umum, ada dua jenis tingkat suku bunga pada kartu kredit yaitu:

– Kartu kredit suku bunga tinggi

Adalah jenis kartu kredit yang sangat cocok bagi orang yang sudah menggantikan fungsi uang cash. Misalnya dengan berbelanja, makan, dan nongkrong di restoran. Pengguna kartu kredit ini akan dikenakan biaya suku bunga yang tinggi, namun Anda akan terbebas dari yang namanya biaya tahunan. Kartu kredit ini juga manawarkan banyak promo, diskon, bonus reward, dan poin setiap kali Anda bertransaksi.

– Kartu kredit suku bunga rendah

Adalah jenis kartu yang sangat cocok bagi Anda yang suka mencicil atau membayar dalam jumlah yang sedikit. Kartu ini membebankan biaya tahunan atau annual fee bagi penggunanya. Kelemahan kartu ini adalah promo yang kurang menarik dan diskon yang sedikit.

4. Mengetahui Limit Kartu Kredit

Limit adalah jumlah maksimal yang menjadi batasan pemakaian kartu kredit. Banyak orang menetapkan limit kartu kredit dengan tujuan mengontrol kondisi keuangan. Pihak Bank penerbit kartu kredit biasanya memberikan jumlah limit yang berbeda-beda bagi setiap nasabahnya. Hal ini dilakukan berdasarkan pertimbangan dari kondisi finansial nasabah yang bersangkutan. Agar pemakaian Anda tidak melebihi limit yang ditentukan, catat dan simpanlah setiap bukti transaksi.

5. Perhatikan Kredibilitas Bank

Salah satu hal yang tak kalah pentingnya adalah memperhatikan latar belakang bank tersebut. Latar belakangnya bisa dilihat dari profil perusahaan dan laporan keuangan bank setiap tahunnya. Jika reputasi Bank tersebut baik, Anda tidak perlu takut untuk menggunakan kartu kredit. Pasalnya Bank tersebut pasti memberikan keamanan dan pelayanan terbaik bagi setiap nasabahnya.

Waspadai Penipuan Kartu Kredit

Proses pembuatan kartu kredit hanya bisa dilakukan pada Bank. Jika sewaktu-waktu ada orang yang datang ke rumah untuk menawarkan pembuatan kartu kredit, Anda perlu waspada. Bisa saja orang tersebut adalah salah satu penipu. Kondisi ekonomi yang tidak stabil menyebabkan banyak penipu yang bermunculan demi sesuap nasi. Semoga tips memilih kartu kredit di atas dapat membantu.

Post Terkait