Sri Mulyani Ledek Bos Bank Dunia: Ada yang Belum Tahu Fungsi Anda

Menteri Keuangan Sri Mulyani melemparkan candaan kepada Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim. Pasalnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tidak mengetahui perbedaan antara Bank Dunia dengan International Finance Corporation (IFC) yang berada di bawah Grup Bank Dunia.

Sri Mulyani mengatakan bahwa Basuki sempat berbisik kepadanya dan bertanya mengenai proyek yang dijalankan IFC apakah sama dengan Bank Dunia.

“Faktanya, Menteri Basuki berbisik ke saya dan bertanya bahwa ia memiliki project advising dengan IFC,” tutur Sri Mulyani dalam acara Indonesia Infrastructure Finance Forum di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Di hadapan para undangan, Sri Mulyani pun mengungkapkan pertanyaan Basuki langsung kepada Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim. Ia berpesan kepada Kim untuk lebih banyak menjelaskan mengenai fungsi dan peran Bank Dunia dan perbedaannya dengan IFC.

“Jadi saya berbicara langsung kepada anda, bahwa Bank Dunia tidak mampu menjelaskan fungsinya kepada Menteri Basuki,” canda Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan, bahwa pihaknya sebagai Menteri Keuangan tentu mengetahui perbedaan antara Bank Dunia dan IFC. Sedangkan menteri lainnya belum tentu mengetahui perbedaan tersebut.

“Masalahnya saya Menteri Keuangan tahu persis apa itu Bank Dunia, jangan beranggapan menteri lainnya tahu,” kata Sri Mulyani disambut tawa.

Post Terkait