Soal AEoI, World Bank: Transparansi Hal yang Penting

Kerjasama keterbukaan informasi perpajakan saat ini telah mulai dilakukan oleh sejumlah negara. Indonesia sendiri akan bergabung secara resmi dalam kerjasama Automatic Exchange of Information (AEoI) pada 2018.

Lead Tax Specialist, Global Tax Team, World Bank Richard Stern mengatakan, keterbukaan informasi perpajakan ini begitu penting bagi dunia internasional. Pasalnya, melalui transparansi data praktik penghindaran pajak dapat dicegah dengan kerjasama antarnegara.

“Transparansi adalah hal yang penting. Kita tahu ada beberapa agenda perpajakan internasional saat ini,” kata Richard Stern dalam acara International Tax Conference 2017 di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Kerjasama ini juga sangat penting untuk memulihkan ekonomi global setelah mengalami krisis dalam beberapa tahun sebelumnya. Krisis ini pun bisa menjadi pelajaran berharga bagi dunia internasional tentang pentingnya pajak untuk membangun fundamental ekonomi yang kuat.

“Kita lihat misalnya perjalanan financial crisis dari beberapa tahun yang lalu,” jelasnya.

Saat ini, setiap negara memang memiliki kebijakan yang berbeda dalam hal perpajakan. Kendati demikian, dengan adanya AEoI atau kerjasama perpajakan lainnya baik secara bilateral maupun multilateral, ruang gerak para penghindar pajak di berbagai negara berhasil dicegah.

“Kita melihat bagaimana keadaan di dunia dan prioritas nasional telah memengaruhi cakupan pilihan kebijakan,” tukasnya.

Post Terkait