Sisi Positif Memiliki Kartu Kredit

Kartu kredit bukan hal yang baru atau asing bagi anda. Banyak pro dan kontra dengan adanya kartu kredit dalam kehidupan. Kali ini saya akan sedikit mengupas baik dari sisi positif dan sisi negatif dalam hal memiliki kartu kredit. Untuk tulisan minggu ini saya akan membahas mengenai sisi positif memiliki kartu kredit.

Transaksi Lebih Mudah dan Praktis
Kartu kredit adalah sarana pembayaran. Jadi ketika anda tidak membawa uang tunai, kartu kredit siap anda gunakan. Anda tidak perlu lagi repot membawa uang tunai. Selain itu, anda juga dapat menggunakan kartu kredit sebagai asisten anda untuk membayar tagihan bulanan yang cukup banyak. Kerap kali kita sering lupa bahkan terlambat bayar tagihan air dan listrik atau bulanan lain karena terlalu banyak, maka dengan fasilitas autodebet yang ada pada kartu kredit, anda dapat menggunakannya sebagai asisten anda. Dengan begini, tagihan terlambat apalagi sampai kena bunga, sudah tidak lagi menjadi masalah.

Mungkin anda juga sering mengalami kejadian di mana tidak membawa uang tunai yang cukup, namun anda harus membeli sesuatu, maka kartu kredit lagi-lagi bisa membantu anda.

Dapat Reward
Sebagai pengguna aktif kartu kredit, anda akan mendapat banyak keuntungan, mulai dari diskon di tempat makan, fasilitas lounge di bandara, hingga hotel. Belum lagi poin reward yang anda kumpulkan bisa anda tukarkan dengan beberapa voucher tempat belanja. Enak kan. Bagi anda yang sering berpergian ke luar negeri, ada beberapa kartu kredit yang sangat menguntungkan. Anda akan semakin dimudahkan dengan kartu kredit, ditambah bila anda ingin transaksi di luar negeri, tentunya mereka menerima kartu kredit. Jadi anda tidak perlu repot untuk membawa mata uang asing yang berlebih.

Saat Keadaan Darurat
Baru-baru ini kita dihebohkan dengan berita seorang bayi yang akhirnya meninggal karena terbentur masalah biaya. Bisa dibayangkan seandainya keluarga tersebut memiliki kartu kredit, mungkin lain cerita. Dalam kondisi keluarga tersebut, di mana berangkat ke rumah sakit dalam keadaan panik dan tidak membawa persiapan, ditambah saat itu masih gelap gulita. Umumnya yang sempat diingat dan dibawa hanya dompet saja, karena ada identitas penduduk. Mau menarik uang tunai pun terbatas limit dari kartu atm, dan bank belum buka, sehingga transaksi pun tidak bisa. Maka di sini peran kartu kredit bisa menjadi pembeda kondisi.

Sekalipun anda sudah mempunyai dana darurat, namun bila penempatan dana darurat itu tidak semuanya berada di tabungan, melainkan anda menaruh dalam bentuk logam mulia, bagaimana anda bisa membayar rumah sakit di tengah malam seperti itu? Tentu harus ada yang cepat dan praktis, yaitu kartu kredit.

Fasilitas Cicilan
Kemudahan lain yang diberikan kartu kredit adalah fasilitas cicilan. Namun fasilitas ini umumnya malah banyak menjadi bumerang, karena anda tidak bisa mengontrol diri. Pemakaian yang berlebihan dan menganggap kartu kredit adalah sumber income lain, maka pengeluaran anda akan di luar batas. Namun bila anda menggunakan dengan bijak kartu kredit dan bisa memanfaatkan fasilitas cicilan ini dengan baik, maka beberapa keperluan yang anda perlukan dalam harga yang relatif mahal, dapat anda jangkau dengan fasilitas ini. Namun perlu diingat lagi batas maksimal utang anda, sangat kami sarankan tidak melebihi dari 30%.

Dalam artikel ini belum dibahas tentang perhitungan bunga kartu kredit. Perhitungan bunga bisa dipelajari dalam workshop dan kelas-kelas Perencana Keuangan. Kapan? Di bulan Oktober akan ada workshop Asuransi info bisa dibuka di sini bersamaan dengan workshop mengelola keuangan dan gaji CPMM di Jakarta info di sini sementara untuk Kaya Raya dengan Reksa Dana Jakarta info buka di siniberbarengan dengan di Yogya, Solo dan Semarang (JogLoSemar / Jawa Tengah) bisa lihat info di sini dan di sini.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatakan dari kartu kredit. Menyenangkan bukan bila anda memiliki kartu kredit. Namun sebelum anda terlalu senang, ada baiknya anda juga membaca artikel tentang sisi negatif dari kartu kredit minggu depan ya. So, jangan lewatkan artikel selanjutnya.
Happy Planning.

Post Terkait