Selamat Ulang Tahun Ke-25 Bursa Efek Indonesia

Hari ini, tepatnya tanggal 13 Juli adalah hari yang istimewa untuk pasar modal Indonesia. Pasalnya, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memperingati hari jadinya ke 25 tahun.

Pada peringatan seperempat abad ini, sekaligus dijadikan ajang reuni bagi para punggawa pasar modal. Jajaran komisaris dan direksi terdahulu dijadwalkan turut menghadiri seremonial pembukaan perdagangan hari ini. Tidak hanya itu, acara milad ini rencananya juga akan dihadiri oleh para tokoh pasar modal Indonesia.

Sejak resmi berdiri pada 13 Juli 1992, PT Bursa Efek Indonesia terus mengalami perkembangan. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah menembus level tertingginya sepanjang masa di 5.910,23 poin pada penutupan perdagangan Senin (3/7/2017).

Sementara itu, kapitalisasi pasar juga mengalami pertumbuhan pesat. Hingga penutupan perdagangan kemarin, kapitalisasi pasar telah mencapai angka Rp6.382,594 Triliun.

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sendiri diresmikan pada 13 Juli 1992. Kala ini bernama PT Bursa Efek Jakarta (BEJ), yang menggantikan peran Bapepam sebagai pelaksana bursa. Lalu, pada 22 Juli 1995, terjadi penggabungan bursa paralel dengan PT Bursa Efek Surabaya (BES).

Post Terkait