Saham Perdana Perusahaan Asal Malaysia Ini Meroket 70%

PT Megapower Makmur Tbk hari ini telah resmi mencatatkan sahamnya di pasar modal. Perusahaan yang bergerak di bidang pembangkit tenaga listrik ini menjadi emiten anyar ke 19 tahun ini sehingga jumlah emiten saat ini sebanyak 553

Saham dari emiten berkode MPOW ini saat dicatatkan langsung menguat 140 poin atau 70% dari harga awal sebesar Rp 200 menjadi Rp 340 per saham. Saham MPOW ditransaksikan sebanyak 6 kali, volume sebanyak 117 lot dengan nilai Rp 3,98 juta.

“Kami berharap, momentum IPO akan menjadi langkah awal bagi perseroan dalam meningkatkan kinerja yang lebih baik, serta dengan dicatatkannya saham Megapower Makmur di BEI maka manajemen perseroan akan terus berupaya meningkatkan tata kelola perusahaan,” kata Direktur Utama Megapower Makmur Kang Jimmi di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Pada acara IPO hari ini, perseroan melepas sebanyak 245,1 juta lembar saham atau setara 30% dari modal yang disetor dan ditempatkan perusahaan. Dengan harga saham yang ditawarkan maka perseroan berhasil meraup dana segar sebesar Rp 49 miliar.

Perusahaan ini sebenarnya merupakan entitas usaha dari perusahaan multinasional berbasis di Malaysia yakni Bina Puri Holdings Bhd. Adapun komposisi pemegang sahamnya yakni Bina Puri Power Sdn. Bhd sebesar 80%, lalu atas nama Kang Jimmi 12% dan Low Soon Heng 8%.

Untuk dana hasil penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) ini sekitar separuhnya akan digunakan untuk melunasi sebagian utang kepada pihak yang berelasi dengan Bina Puri Power Sdn. Bhd dan setengannya lagi akan ditempatkan sebagai modal kerja.

Post Terkait