Rupiah di Level Rp13.255/USD, BI: Masih Bisa Menguat Lagi

Nilai tukar Rupiah secara perlahan telah mengalami penguatan. Pada pagi ini, nilai tukar Rupiah dibuka menguat. Rupiah menguat, seiring dengan pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) akibat inflasi di Negeri Paman Sam yang meningkat.

Melansir Bloomberg Dollar Index, Rupiah pada perdagangan spot exchange rate di Asia mencatat Rupiah menguat 4 poin atau 0,03% ke Rp13.255 per USD. Rupiah tercatat bergerak di kisaran Rp13.248-Rp13.270 per USD.

Menurut Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Dodi Budi Waluyo, penguatan nilai tukar Rupiah ini tak terlepas dari keadaan ekonomi di Amerika Serikat (AS). Ekonomi AS pun hingga saat ini tercatat belum mengalami perbaikan.

“Karena melemahnya USD sendiri, kemudian statement dari para Amerika sendiri yang relatif lebih dovish dari pejabat Fed-nya,” kata Dodi di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Inflasi Amerika Serikat juga tercatat mengalami kenaikan. Hal ini dinilai oleh BI sebagai wujud dari kesiapan AS untuk menghadapi kenaikan suku bunga acuan dari Bank Sentral Amerika Serikat Fed Fund Rate.

“Sehingga pertanyaan ke depan adalah apakah (nilai tukar Rupiah) bisa lebih tinggi atau sebaliknya,” ujarnya.

Keadaan ini tetap menjadi pertimbangan bagi BI dan negara berkembang lainnya. BI pun terus memantau keadaan nilai tukar Rupiah secara berkelanjutan.

Menurut Dodi, BI nantinya akan menjaga nilai tukar Rupiah pada level yang kompetitif. Nilai tukar Rupiah akan dijaga untuk mendorong sektor ekspor.

“Tapi tidak akan meningkatkan impor secara berlebihan. Itu daya saing,” ujarnya.

Menurut perhitungan BI, hingga saat ini nilai tukar Rupiah berada pada nilai fundamental. Hanya saja, nilai tukar Rupiah ini masih berpeluang untuk kembali menguat.

“Masih bisa (menguat), tergantung dari fundamental yang kita miliki. Kita tidak punya target level tetapi dalam operasional kita, kita terus jaga dalam suatu range tertentu,” tukasnya.

Post Terkait