Riset Saham Binaartha Parama Sekuritas: Balik Arah, IHSG Diprediksi Menguat ke Level 6.046-6.075

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi menguat. Support pertama dan kedua diperkirakan berada pada level 6.046,50 dan 6.031,63. Sementara itu, resistance pertama dan kedua berada pada level 6.075,06 dan 6.088,76.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, sentimen kebutuhan dana untuk pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia yang cukup besar di mana dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, jumlah kebutuhan pendanaan pembangunan infrastruktur di Indonesia mencapai Rp4.796,2 triliun menjadi salah satu sentimen yang mempengaruhi pasar. Terutama terkait dengan masalah pendanaannya.

“Optimisme Presiden Jokowi terkait ada tiga sektor yang saat ini memiliki peluang besar bagi para pengusaha antara lain sektor pariwisata, dan peluang bisnis di sektor digital serta masih menguatnya Rupiah yang cukup memberikan sentimen positif,” ujarnya dalam riset tertulis, Kamis (30/11/2017).

Adanya aksi beli di akhir sesi, lanjut Reza, diharapkan dapat menjadi peluang bagi IHSG untuk kembali berbalik menguat. Ditambah dengan masih adanya sejumlah sentimen positif yang diharapkan dapat memberikan imbas positif yang dapat menahan potensi pelemahan dan dimanfaatkan untuk mengangkat IHSG.

“Namun, tetap antisipasi berbagai sentimen yang dapat menahan penguatan kembali IHSG,” kata dia.

Sementara itu, IHSG ditutup melemah 0,15% di level 6.061,36. Sempat terjadinya penurunan pada IHSG namun, dapat dibatasi dengan masih adanya aksi beli. Kendati demikian, aksi beli yang terjadi belum cukup kuat mengangkat IHSG untuk berada di zona hijau.

Kondisi bursa saham Asia yang variatif naik tipis cukup berimbas pada pergerakan IHSG yang masih berada di zona merah. Asing mencatatkan nett Sell Rp7,06 triliun dari sebelumnya nett buy Rp107,29 miliar.

Adapun saham – saham rekomendasi Binaartha Parama Sekuritas antara lain, ASII, BEST, INTP, SMGR, SSIA, TLKM.

Post Terkait