Rahasia Keuangan Orang Terkaya Yang Pernah Hidup di Dunia (2)

Dalam tulisan sebelumnya sudah dibahas 3 dari 7 rahasia kaya raya dan sukses dari seseorang yang bisa dikatakan orang terkaya di dunia yang pernah hidup. Bahkan kekayaan keluarga Rockefeller atau sekelas Bill Gates dan Warren Buffett pun konon tidak bisa mengalahkan orang ini. Apa saja 3 rahasia yang sudah kita bahas sebelumnya? Yaitu:

  • Kuasai Informasi
  • Kuasai Angka
  • Belajar dan Cari Pengalaman

Nah, kali ini kita akan bahas 4 lagi rahasia kesuksesan dan kekayaan dari orang paling kaya di dunia ini.

Lakukan Investasi Ketika Yang Lain Takut

Teori ini sejalan dengan teori ‘Go Against Market’ di mana ketika banyak orang ketakutan karena suatu hal buruk akan terjadi, maka di saat itulah kita menginvestasikan diri dan uang kita. Tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan tanpa perhitungan dan persiapan yang matang. Anda harus mengerti dan mempelajari setiap detil sebelum melakukan strategi ini karena taruhannya adalah anda salah posisi dan seluruh investasi anda hilang.

Kita sering mendengar idiom atau istilah bahwa ketika terjadi suatu krisis, maka akan lahir miliuner baru. Mengapa demikian? Karena miliuner baru tersebutlah yang mempunyai mental kuat untuk melakukan hal di atas ini. Anda bisa mulai belajar sedikit-sedikit dengan cara menginvestasikan uang anda ketika krisis keuangan berikutnya terjadi. Jangan ikut-ikutan panik, lakukan Analisa dengan benar dan kepala dingin dan buat keputusan investasi anda.

Jadilah Orang Penting
Pernah dengar ada istilah Orang Penting bisa mendapatkan segala-galanya? Terdengar sangat norak dan klise, tapi dalam realitas sehari-hari hal tersebut memang benar. Orang penting (dalam bidang apapun), biasanya bisa mendapatkan banyak kemudahan-kemudahan dalam hidupnya termasuk kemudahan dalam mendapatkan informasi dan berinvestasi. Akan tetapi ketika anda sudah menjadi ‘Orang Penting’ maka jangan lupa untuk secara terus menerus melakukan hal berikut ini.

Santai Aja (Tidak Sombong)
Jadi orang penting, berhasil, sukses apalagi menjadi kaya tidak lantas membuat anda menjadi sombong, santai saja bro/sis. Ingat di atas langit masih ada langit.

Tidak hanya ketika anda sedang banyak duit, hal ini juga berlaku ketika anda menghadapi masalah keuangan. Ketika kondisi sulit atau anda sedang bermasalah, maka tenang dan santai juga perlu dilakukan agar teman dan lawan anda tidak perlu mengetahui kondisi anda yang sebenarnya.

Selalu Berbagi
Salah satu rahasia sukses orang-orang kaya termasuk orang terkaya di dunia ini adalah selalu berbagi kepada orang lain dan membantu orang lain. Dengan kita menolong dan berbagi kepada orang lain, sebenarnya kita juga senang menolong dan berbagi kepada diri kita sendiri.

Nah, banyak kan wisdom yang bisa kita tiru dari orang terkaya di dunia ini. Yang penting kita selalu haus ilmu dan ingin belajar, termasuk juga belajar mengelola keuangan dan belajar berinvestasi sambil menerapkan ketujuh tips di atas. Pertanyaan yang sering dilontarkan adalah, ke mana saya harus belajar?

Nah, Untuk workshop keuangan anda bisa belajar di beberapa yang kami rekomendasikan: Workshop mengelola keuangan dan gaji CPMM di Jakarta info bisa dibuka di siniberbarengan dengan kelas Belajar Asuransi info buka di sini, sementara untuk reksa dana Jakarta info bisa dibuka di siniberbarengan dengan di Yogya, Solo dan Semarang (JogLoSemar / Jawa Tengah) bisa lihat info di sini dan di sini.

Selamat mencontoh dan selamat menjadi orang Kaya yang sebenarnya Kaya, bukan menjadi orang berjiwa Bujet Pas-pasan Jiwa Sosialita alias BPJS alias ngak punya duit abal-abalan.

Post Terkait