Proyek Kereta Jakarta-Surabaya Diputuskan Bulan Depan

Pemerintah sampai saat ini masih mengkaji proyek Kereta Jakarta-Surabaya. Dalam kajian tersebut pemerintah masih belum menentukan bakal menggunakan kereta cepat atau kencang dalam mengoperasikannya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memastikan, keputusan tersebut akan ditentukan pada Agustus 2017 atau bertepatan pada penyelesaian kajian.

Dia menyebutkan, dalam laporan kajian sementara, terdapat dua pilihan di mana bisa digunakan dengan kereta elektrik atau listrik, atau bisa juga menggunakan kereta bermesin diesel.

“2 ini ada plus minusnya,” kata Luhut di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/7/2017).

Kajian pembangunan kereta Jakarta-Surabaya, kata Luhut masih dilakukan oleh BPPT, PT Kereta Api Indonesia dengan JICA. Ada beberapa ide baru yang muncul terkait moda transportasi tersebut.

“Malah kemarin ketemu lagi apakah kita akan menggunakan rel lama atau kita bangun rel baru, itu bisa keluar bulan depan,” tutup dia.

Diketahui, bila memakai kereta bertenaga listrik maka kereta dapat melaku dengan kecepatan lebih dari 200 km/jam atau biasa disebut kereta cepat. Namun, bila dengan diesel kecepatannya berkisar 150 km/jam atau disebut kereta kencang.

Post Terkait