Pidato Trump di Korea Selatan Picu Kenaikan Harga Emas

Harga emas menguat pada hari ini (8/11/2017) lantaran Presiden AS Donald Trump dalam pidato yang disampaikan di Korea Selatan kemarin disinyalir memicu ketegangan di semenanjung Korea.

Tercatat pada perdagangan Rabu (8/11) pukul 11.32 WIB, harga emas spot menguat 2,70 poin atau 0,21% menuju US$1.278 per troy ounce. Sementara itu, harga emas Comex menguat 2,40 poin atau 0,19% menjadi US$1.278,20 per troy ounce.

Tim Asia Trade Point Futures (ATPF) dalam publikasi risetnya berpendapat bahwa emas menguat seiring dengan kekhawatiran pelaku pasar pasca pidato Presiden AS Donald Trump di Korea Selatan sebelum melakukan kunjungan ke China.

Seperti dilansir Bloomberg, Trump melakukan perjalanan ke Asia dengan tujuan untuk menyeru dunia dalam menghadapi ancaman Korea Utara. Trump meminta semua negara meninggalkan dukungan kepada rezim Kim Jong-Un.

Dia mengatakan bahwa Korea Utara menjadi “neraka yang tidak layak dimiliki seseorang” dan dia akan melindungi Amerika dan sekutu-sekutunya termasuk Korea Selatan dari ancaman Korea Utara.

Pembantu Gedung Putih juga mengatakan bahwa pidato di Korea Selatan sebagai kesempatan bagi Trump untuk meminta msyarakat internasional bergabung bersama untuk memaksimalkan tekanan terhadap Korea Utara.

“Pidato Trump kembali memberikan komentar yang bernada provokatif. Tentunya kondisi ini bisa menimbulkan kembali ketegangan di semenanjung Korea sehingga pelaku pasar melakukan antisipasi dengan kembali memburu aset lindung nilai seperti emas,” kata ATPF, Rabu (8/11).

Post Terkait