Perlukah Menteri Ekonomi Diganti? Ini Kata Pelaku Pasar Saham

Menteri-menteri di bidang ekonomi terbilang paling sering terkena perombakan kabinet (reshuffle) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Isu reshuffle saat ini kembali mencuat. Apakah menteri bidang ekonomi kembali menjadi sasaran?

Kebanyakan dari pelaku pasar saham berharap para menteri di bidang ekonomi tidak terkena reshuffle lagi. Sebab kinerja para menteri ekonomi saat ini dianggap cukup baik dan disegani.

“Kami sebagai pelaku pasar enggak terlalu besar harapannya. Tim ekonomi sudah cukup bagus, Pak Darmin (Menko Perekonomian) dan Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) dan Pak Bambang Brodjonegoro (Menteri PPN/Kepala Bappenas) merupakan figur-figur yang bagus dari pandangan pelaku pasar,” ujar Analis Investa Saran Mandiri, Hans Kwee, kepada detikFinance, Kamis (13/7/2017).

Meskipun saat ini terjadi defisit anggaran yang nyaris menyentuh 3%, Hans menilai kinerja menteri ekonomi masih cukup bagus. Sebab pemerintah masih rela melakukan pemangkasan anggaran.

“Data-data ekonomi juga cukup bagus. Kalau ada penerimaan negara lebih rendah ini karena ekonominya,” imbuhnya.

Analis Samuel Sekuritas, Muhammad Al Fatih, juga memiliki pandangan yang sama. Meski pemerintah memangkas anggaran karena penerimaan yang rendah, namun proyek-proyek prioritas seperti infrastruktur tetap digenjot.

“Ketika pemerintah berani memotong anggaran yang dilaksanakan beberpa tahun terakhir menimbulkan kepercayaan investor bagi para investor. Buktinya S&P menaikkan rating investasi kita,” ucapnya.

Sama seperti kedua analis tersebut, Analis Binaartha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta, juga merasa puas dengan kinerja dari menteri ekonomi saat ini. Jika terkena reshuffle, Nafan justru khawatir akan menimbulkan dampak negatif bagi pasar modal nantinya.

“Kalau diganti dengan orang yang kapabilitasnya kurang, ya sangat bisa pasar merespons negatif,” tukasnya.

Analis Indosurya Sekuritas, William Surya Wijaya, juga mengakui kinerja menteri-menteri ekonomi saat ini cukup apik. Namun dia menilai tidak ada salahnya juga jika harus diganti.

“Kinerjanya kan sudah bagus, namun tidak ada salahnya diperbagus lagi kan,” tuturnya.

Post Terkait