Perdagangan Saham Error Lagi, Bos BEI: Saya Cek

Sistem perdagangan saham di pasar modal Indonesia kembali mengalami gangguan. Sekitar pukul 11.00-11.20 JATS atau 20 menitlamanya, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terhenti di level 5.823.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengakui, selama 20 menit tadi sistem perdagangan sempat mengalami gangguan. Namun belum diketahui persis gangguan apa yang terjadi.

“Sudah jalan lagi, nanti saya update,” kata Tito melalui pesan singkat kepada detikFinance, Kamis (20/7/2017).

Sementara Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono menambahkan, selama 20 menit tadi memang terjadi gangguan pada Jakarta Automated Trading System (JATS). Hal itu membuat jaringan sistem transaksi yang tersambung dengan Anggota Bursa (AB) juga terganggu.

“Bahwa telah terjadi gangguan teknis pada sistem JATS yang menyebabkan koneksi kepada AB terputus. Sementara itu dulu, kalau ada berita selanjutnya akan kami informasikan,” tukasnya.

Menurut pemantauan detikFinance di layar RTI, Kamis (20/7/2017), pada pukul 11.00 JATS pergerakan IHSG berhenti di level 5.823. Sekitar 20 menit IHSG tidak bergerak di level tersebut.

Baru pada pukul 11.21 JATS IHSG mulai kembali bergerak. Pada menit itu IHSG berada di level 5.821.

Sebelumnya, sistem perdagangan saham juga sempat mengalami gangguan pada Senin pekan lalu. Akibat gangguan tersebut, pembukaan perdagangan saham hari itu tertunda 1 jam.

Post Terkait