Pentingnya Financial Check Up

Pernah mendengar istilah financial check up? Atau terdengar aneh? Kalau medical Check up tahu kan, itu lho pemeriksaan kesehatan diri kita apakah ada gejala sakit tertentu, atau malah telah mengidap penyakit tertentu.

Sama halnya dengan Financial check up, ini merupakan pemeriksaan kesehatan keuangan anda, apakah ada indikasi masalah keuangan, atau malah sudah mengalami masalah keuangan, dan sejauh mana masalahnya.

Bila anda sudah pernah melakukan Financial check up, berarti anda termasuk orang yang cukup peduli dengan keuangan anda, sehingga melakukan financial check up.

Sudah mulai kebayang belum pentingnya financial check up? Karena nantinya di dalam financial check up, anda akan secara detil diminta menuliskan aset apa saja yang dimiliki, berapa banyak utang anda, hingga aliran cashflow anda.

Ada beberapa hal yang akan anda dapatkan bila melakukan financial check up, apa saja itu? Simak ulasan berikut.

Mengetahui Detail Pengeluaran Anda
Pernah dong merasa serta mengeluh kalau uang habis begitu saja, padahal baru gajian. Baru jalan 10 hari setelah gajian, kok sudah habis ya alias gaji 10 koma. Banyak di antara kita tidak disiplin dalam pencatatan pengeluaran, sehingga tidak pernah mengetahui secara detil ke mana uangnya mengalir.

Hanya tahu pendapatan sekian, namun pengeluaran tidak pernah detail. Maka dengan melakukan Financial check up, anda akan mulai mencatat setiap kecil pengeluaran anda sehingga anda tahu pos keuangan anda terisi berapa dan pengeluaran anda ke mana saja.

Lebih Cermat Menggunakan Uang
Setelah anda mengetahui detil pengeluaran anda seperti tulisan di atas, anda menjadi lebih sadar dalam penggunaan uang sehingga anda akan lebih cermat serta hati-hati dalam membelanjakan uang anda.

Dengan melakukan financial check up, anda dapat melihat angka yang jelas, misal dalam satu bulan anda ternyata memiliki anggaran untuk merokok hingga Rp 500.000 dan ini tidak pernah anda sadari sebelum melakukan Financial Check up.

Setelah anda melakukan Financial Checkup dan berkonsultasi dengan Perencana keuangan, anda menjadi lebih paham bahwa ada alokasi lain yang bisa anda penuhi dengan besaran nominal tersebut. Misalnya dialokasikan untuk berlibur bersama keluarga atau membelikan pakaian untuk anak anda.

Keuangan Anda jadi teratur
Sebelum anda paham detil pengeluaran anda, tentu bisa dikatakan bahwa keuangan anda berantakan, karena memang selama ini pengeluaran tidak terkontrol dan tidak tercatat. Namun setelah anda mulai sadar pengeluaran anda, anda bisa segera tahu kalau anda pengeluaran yang tidak beres. Anda bisa mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan serta pengeluaran anda menjadi lebih teratur dan terkontrol.

Bagian dari Persiapan masa Depan
Dalam membuat sebuah perencanaan keuangan, langkah awal yang harus dilakukan adalah financial check up. Maka dengan melakukan ini, berarti anda sudah siap memulai merencanakan masa depan keuangan anda sekeluarga.

Dengan Financial Check Up, anda akan mendapat gambaran awal mengenai kemampuan anda dalam mencapai tujuan keuangan anda. Apakah anda sudah siap untuk mulai mencicil rumah, mencicil kendaraan bermotor hingga mempersiapkan dana liburan ke luar kota dan masih banyak lagi tentu tujuan keuangan anda. Financial check up juga membantu anda untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah keuangan anda dan mencapai tujuan keuangan anda.

Belajar financial check up? Bisa dengan mengikuti kelas Certified Personal Money Manager alias CPMM. Di bulan Oktober akan ada workshop mengelola keuangan dan gaji CPMM di Jakarta info di sini https://bit.ly/PMJKT10 sementara untuk Kaya Raya dengan Reksa Dana Jakarta info buka di sini https://bit.ly/RDJKT10 berbarengan dengan workshop Intermediate Financial Planning info buka di sini https://bit.ly/INTJKT17.

Meskipun penting, bagi sebagian orang melakukan financial check up dianggap sebagai kegiatan yang tidak menyenangkan dan cenderung membosankan karena anda dituntut untuk menulis detil segala pengeluaran anda setiap bulan, namun ini semua piihan anda.

Apakah ingin diam saja dengan keuangan anda sekarang atau anda ingin ada perubahan yang lebih baik? Saatnya untuk mulai melakukan financial check up demi kesehatan keuangan anda.

Post Terkait