Pengusaha ke Jokowi: Rencana Pindah Ibu Kota Dimatangkan Dulu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memindahkan ibu kota ke luar Jawa. Proses kajian sedang berlangsung di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Calon lokasi itu berada di Kalimantan, tepatnya di 3 provinsi, yaitu Kalimantan Tengah (Palangka Raya), Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi, Sanny Iskandar mengatakan, sebaiknya pemerintah mematangkan dulu rencana itu sebelum berkomentar di publik..

“Wacana pemindahan dari pada ibu kota ini harusnya lebih dimatangkan dulu di internal pemerintahan,” tuturnya di Plaza Sinarmas, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Menurut Sanny banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk memindahkan ibu kota. Mulai dari infrastruktur hingga potensi pertumbuhan ekonomi.

“Mungkin koordinasi dulu, kalau mau mengajak dari Apindo, Kadin atau asosiasi sektoral bisa,” terang Sanny.

Jika belum matang dan pemerintah sudah terlalu banyak komentar di publik, menurut Sanny akan menimbulkan banyak spekulan tanah. Hal itu justru akan berdampak negatif.

“Sebaiknya memang jangan langsung dilempar ke publik dulu, karena nanti ini akan efeknya kurang bagus terkait dengan masalah spekulasi tanah,” tutur Sanny.

Post Terkait