Pelaku Pasar Saham Tak Ingin Sri Mulyani Kena Reshuffle

Lagi-lagi isu perombakan kabinet (reshuffle) kembali muncul. Banyak pihak pun mulai menduga-duga siapa yang akan kena reshuffle.

Sementara pelaku pasar modal berharap, reshuffle kali ini tidak lagi menimpa menteri-menteri di bidang ekonomi. Sebab mereka sudah cukup puas dengan perkembangan makro ekonomi saat ini.

Dari sederet menteri-menteri ekonomi yang ada, pelaku pasar berharap Sri Mulyani tetap dipertahankan sebagai Menteri Keuangan. Seperti Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta yang merasa Sri Mulyani harus dipertahankan karena sosoknya cukup disegani pelaku pasar.

“Kalau misalkan Sri Mulyani digantikan pasar akan takutnya merespon negatif. Karena sebelumnya pada reshuffle kedua Sri Mulyani dilantik itu pasar merespon sangat positif dengan penguatan IHSG, ada semacam Sri Mulyani effect,” tuturnya saat dihubungi detikFinance, Kamis (13/7/2017).

Analis Recapital Sekuritas Indonesia Kiswoyo Adi Joe pun memandang kinerja menteri-menteri ekonomi saat ini sudah cukup baik. Ada tiga menteri yang diharapakan bisa dipertahankan, salah satunya Sri Mulyani.

“Sepertinya sih nggak perlu (reshuffle) sudah pas semua. Kalau menteri mana yang dipertahankan mungkin yang pertama Menteri Keuangan, kedua Menteri Perikanan dan Kelautan (Susi Pudjiastuti) dan yang ketiga Menteri ESDM Ignasius Jonan. Ketiga itu menurut saya kinerjanya bagus,” ujarnya.

Analis First Asia Capital David Sutyanto juga menilai rapor kinerja dari mantan pejabat Bank Dunia itu cukup apik. Dia juga berharap, Sri Mulyani tetap dipertahankan.

“Sebenarnya bingung juga jawabnya. Karena saat ini kementerian yang saya pantau yakni Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumah Rakyat) kinerjanya cukup baik. Waktu reshuffle ada Sri Mulyani juga malah positif (untuk pasar),” kata David.

Begitu juga dengan Analis Investa Saran Mandiri Hans Kwee. Meski dia menilai reshuffle kali ini tidak terlalu mempengaruhi pasar karena sudah terlalu sering, namun dia berharap menteri-menteri jagoannya tidak terkena reshuffle.

“Kita di pelaku pasar enggak besar harapannya (pada reshuffle). Dulu (reshuffle) ditunggu, tapi sekarang enggak. Karena tim ekonomi sudah cukup bagus, Pak Darmin dan Bu Sri Mulyani dan Pak Bambang figur-figur yang bagus di mata pelaku pasar,” ujarnya.

Post Terkait