Paksa Diri untuk Menabung, Pilih Sistem Auto Debet hingga Manfaatkan Celengan

bukanlah sesuatu yang mudah. Banyaknya godaan di luar sana seringkali membuat Anda hidup boros. Beli ini dan itu, padahal barang tersebut sama sekali tidak dibutuhkan. Ini akan berakibat Anda jauh dari pola hidup menabung. Lantas, bagaimana cara agar bisa menabung? Berikut adalah cara agar terbiasa untuk menabung:

1.Pilih Sistem Auto Debet dari Rekening

Sistem auto debet dari rekening terbukti ampuh untuk membuat Anda terbiasa untuk menabung. Apalagi jika bekerja sebagai karyawan yang memiliki jumlah penghasilan tetap setiap bulannya. Pada sistem ini, penghasilan yang diterima setiap bulan akan dipotong secara otomatis berdasarkan jumlah pengeluaran setiap bulan. Jadi, penghasilan yang Anda terima setiap bulan tidak lagi sama dengan total penghasilan sesungguhnya.

Sistem auto debet biasanya digunakan untuk membayar pengeluaran rutin yang memang terjadi setiap bulan. Seperti biaya telepon, listrik, air, internet, koperasi, atau cicilan rumah.

Agar bisa menggunakan sistem ini, Anda harus terlebih dahulu mendaftar melalui internet banking atau bank penerbit. Namun ada juga instansi yang menyediakan sistem auto debet langsung bagi karyawan yang ingin mengaktifkannya. Para pengguna sistem auto debet biasanya dikenakan biaya administrasi Rp3.000 per bulan.

Sistem auto debet terbukti membuat jauh dari yang namanya “konsumtif”. Anda juga akan secara otomatis jauh dari jangkauan uang karena semua pengeluaran sudah di handle dengan auto debet.

2.Mencatat Semua Pengeluaran

Terlalu sering membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak penting akan membuat keuangan tidak aman terkendali. Apalagi jika Anda mudah tergiur dengan yang namanya diskon. Uang jadi cepat habis dan tidak tahu ke mana saja perginya. Lalu, Anda mulai bertanya “ke mana semua uang saya?”

Sering kali Anda tidak menyadari ke mana uang-uang tersebut melayang. Ini terjadi karena semua pengeluaran tidak pernah dicatat sehingga Anda lupa dan tidak dapat mengontrol keuangan dengan baik.

Agar jalur keluarnya uang dapat diketahui dengan jelas, mulailah untuk mencatat semua pengeluaran. Baik yang nominalnya besar maupun kecil, semuanya perlu dicatat. Dari catatan tersebut, Anda dapat dengan mudah melakukan koreksi terhadap pengeluaran. Sehingga pengeluaran yang tidak perlu dapat di-cut di bulan mendatang. Dengan demikian, Anda bisa hidup lebih hemat.

3.Membelanjakan Gaji dengan Aset

Penghasilan yang diterima setiap bulan tidak hanya untuk didiamkan di buku tabungan saja. Akan tetapi, perlu ditempatkan di pos lain yang bisa mendatangkan keuntungan. Misalnya, reksa dana, deposito, atau saham. Ketiga instrumen ini terbukti bekerja untuk menambah pundi-pundi rupiah Anda setiap bulannya.

Satuan investasi kecil-kecilan di atas bisa Anda jadikan sebagai aset untuk jaminan hidup di masa mendatang. Apalagi jika aset yang dibelanjakan berupa emas dan properti, sudah pasti nilainya akan bertambah dari tahun ke tahun. Grafik kenaikannya biasanya bergantung pada pergerakan harga di pasar atau bursa.

4.Menerapkan Sistem Menabung di Celengan

Kini saatnya Anda kembali ke cara tradisional yaitu menabung di celengan. Cara ini hampir mirip dengan menabung di bank, hanya saja prosedurnya dan keuntungannya berbeda. Jika menabung di bank mendapatkan bunga, menabung di celengan tidak. Dari segi keamanan, menabung di bank juga jauh lebih aman. Lalu, mengapa menabung di celengan?

Celengan bisa dimanfaatkan untuk menabung uang yang jumlahnya kecil. Misalnya, seribu, dua ribu, atau lima ribu. Memasukkan nominal uang kecil ke celengan terbukti membuat Anda jadi terbiasa menabung. Lama kelamaan, jumlahnya juga akan semakin banyak tanpa disadari.

5.Menyimpan Uang Koin

Banyak yang menganggap remeh keberadaan uang koin. Walaupun nominalnya kecil, namun jika dikumpulkan, Anda bisa menukarkannya menjadi pecahan dengan nominal besar.

Bagi Anda yang sering mendapatkan uang kembalian berupa koin, Anda bisa menyimpan atau menabungnya ke celengan. Bukan malah di buang ke tengah jalan. Sediakanlah celengan yang lucu untuk menyimpan uang koin.

Sudahkah Anda Menabung?

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari menabung, misalnya beli rumah baru, kendaraan baru, bahkan jalan-jalan ke luar negeri. Menabung juga bisa membuat keadaan finansial lebih aman. Sehingga hidup lebih terjamin di masa yang akan datang. Jadi, sudahkah Anda menabung? Jika kebiasaan ini sulit diterapkan, ingat apa yang menjadi tujuan hidup Anda.

Post Terkait