Musim Hujan, Bikin Boros Atau Malah Jadi Hemat?

Di penghujung 2017 hujan mulai mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Masyarakat perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik untuk menghadapi musim hujan saat ini, salah satunya adalah mengatur pengeluaran dan pemasukan keuangan.

Ada beberapa masyarakat yang justru mengeluarkan cost extra saat musim hujan, namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga masyarakat yang dapat menghemat cost saat musim hujan. Pilihan untuk berhemat atau bahkan menjadi boros tergantung masyarakat menyikapi gaya hidupnya sendiri.

Misalnya saja, biasanya saat musim kemarau masyarakat sudah memanfaatkan untuk liburan. Dengan begitu, saat musim hujan, masyarakat mengurangi jatah berlibur atau rekreasinya. Jadi, pengeluaran yang sebenarnya untuk rekreasi dapat teralihkan untuk kebutuhan yang lebih penting lainnya.

“Sebenarnya bisa saja berhemat, tergantung gaya hidup kita. Kalau kitanya bisa membatasi gaya hidup kita, pasti bisa berhemat,” ucap Pengamat Keuangan Andi Nugroho kepada Okezone.

Jika sore saat musim kemarau masyarakat sering melakukan hangout, jalan-jalan, atau sekadar nongkrong di cafe. Sebisa mungkin, saat musim hujan tidak perlu melakukan hangout agar dapat menghemat pengeluaran dan alihkan ke ongkos transportasi saja.

Jadi, menurut Andi Nugroho, kita tidak dapat menyalahkan musim hujan sebagai penyebab kita jadi boros. Melainkan tergantung dari cara kita menyikapi gaya hidup sehari-hari yang biasa terlaksana saat musim kemarau.

“Bukan karena msuim hujannya. Tergantung pintar-pintar kita saja dalam menurunkan costnya. Kalau musim kemarau bisa hangout, sebisa mungkin musim hujan tidak perlu hangout,” tambah beliau.

Post Terkait