Mulai Bangun Usaha dari Utang, Haramkah?

Mempunyai bisnis sampingan memang menarik, karena selain dapat jadi tambahan uang ke kantong menjalankan bisnis sampingan juga mudah dan biasanya dapat mengerjakan di rumah saat waktu luang.

Bagi para pemula yang ingin memulai usaha, tetapi belum mempunyai cukup modal, ada beberapa pilihan misal dengan cara meminjam ke bank tertentu, atau dengan menabung. Dengan menabung, ada beberapa cara yang dapat pebisnis lakukan, antara lain menabung pribadi, atau menabung di bank.

Perencana Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Budi Frensidy memberikan sedikit perspektif untuk pebisnis yang ingin memulai usaha.Menurut dia, jika bayangan dari sebuah usaha ke depannya akan mengalami keuntungan yang besar, lebih baik menggunakan metode pinjaman.

“Jika usahanya jelas akan menguntungkan, lebih baik meminjam saja,” kata Budi kepada Okezone.

Namun, jika mempunyai perspektif bahwa usaha yang sedang pebisnis jalani tidak akan menghasilkan untung yang besar, maka Budi menyarankan agar menabung sampai waktu tertentu. “Tetapi jika tidak yakin untungnya besar, silakan menabung sampai waktu tertentu. Sampai dapat menutupi bunganya,” jelas Budi.

Post Terkait