MNC Kapital Indonesia Perkuat Modal Entitas Anak Usaha di Semester-II 2017

PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) adalah salah satu perusahaan induk jasa keuangan terintegrasi terbesar di Indonesia. Persero mempunyai 7 unit bisnis terdiri dari MNC Bank, MNC Finance, MNC Guna Usaha Indonesia (MNC Leasing), MNC Sekuritas, MNC Asset Management, MNC Life Assurance, dan MNC Asuransi Indonesia (MNC Insurance).

Mengutip keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (12/7/2017), MNC Kapital akan memperkuat modal entitas anak usahanya di Semester II-2017. BCAP akan menyetorkan tambahan modal bagi entitas anak MNC Bank, MNC Leasing dan MNC Life di Semester Kedua (H2-2017).

Adapun tambahan modal tersebut untuk melanjutkan pengembangan digitalisasi di unit-unit bisnis. Operasional BCAP dan entitas anak memiliki supervisi ketat dari OJK, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia,dan untuk MNC Bank khususnya ada penjaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sementara itu, kinerja keuangan BCAP yang sound dan struktur permodalan yang kuat secara konsolidasi per 31 Mei 2017 mencatat, total aset meningkat sebesar 8% menjadi sekitar Rp21 triliun dari Rp19 triliun di tahun 2016.

Total Ekuitas tumbuh sebesar 22% menjadi Rp6 triliun dari Rp5 triliun di tahun 2016. BCAP memiliki peringkat investment grade untuk perusahaan dan surat utang yaitu BBB &stable outlook dari Perusahaan Pemeringkatan Indonesia (Pefindo).

Interest bearing debt to equity ratio Perseroan sangat kuat sebesar 0,59X. Persero juga mempunyai struktur permodalan yang sehat dan kuat, jauh di atas persyaratan minimum dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti:

a. Capital Adequacy Ratio (rasio kecukupan modal / “CAR”) MNC Bank 19%.

b. Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) MNC Sekuritas Rp303,7 miliar. MNC Sekuritas juga masuk dalam 10 perusahaan sekuritas besar dengan MKBD diatas Rp250 miliar.

c. Risk Based Capital (rasio solvabilitas / “RBC”) MNC Life 174% dan MNC Insurance 234%.

Untuk gearing ratio (Rasio Hutang terhadap Ekuitas) di MNC Finance dan MNC Leasing masing-masing di bawah 4x dan 2x, jauh di bawah ketentuan maksimal rasio hutang yang diperbolehkan untuk industri pembiayaan 10x. Hal ini menunjukkan risiko hutang MNC Finance dan MNC Leasing yang rendah.

Per tanggal 7 Juli 2017, BCAP melalui MNC Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi telah berhasil menjual dan menempatkan obligasi PT Global Mediacom Tbk (BMTR) 2017 sebesar Rp1,1 triliun.

Post Terkait