Menteri PUPR Merapat ke Kantor Bappenas, Bahas Pemindahan Ibu Kota

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, siang ini mendatangi kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Jalan Taman Surapati, Jakarta. Kedatangannya tersebut terkait pembahasan lebih lenjut rencana pemindahan ibukota Jakarta.

Basuki yang mengenakan setelah kemeja putih tersebut datang pada pukul 12.30 WIB. Turun dari mobilnya Toyota Fortuner RI 35 langsung menuju ke ruang rapat menemui Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brojonegoro.

“Kabar saya baik,” kata Basuki begitu ditanya rencana rapatnya tersebut sambil berlalu.

Sebelumnya, Menteri Perancanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengungkapkan pemindahan ibukota sudah sangat mendesak lantaran kepadatan penduduk di Jakarta sudah sangat berat.

“Saya sampaikan dari 10 kota di Indonesia, 5 (terpadat) itu ada di Jabodetabek, jadi bebannya itu sudah terlalu berat. Beban Jakarta sudah terlalu berat karena Jakarta adalah pusat segalanya,” jelas Bambang.

Selain itu, lanjut dia, pemindahan ibu kota perlu dilakukan agar pertumbuhan ekonomi bisa merata ke daerah dan tak terpusat di Pulau Jawa semata, khususnya Jakarta.

“Saya ingin supaya semua pihak sadar bahwa jangan nanti pertumbuhan ekonomi semata-mata hanya mengandalkan Jakarta, perlu ada penyebaran pusat-pusat pertumbuhan baru,” tandas Bambang.

Post Terkait