Mengintip 6 Brankas Bank Paling Aman di Dunia

Brankas adalah tempat penyimpanan yang terbilang cukup aman untuk menyimpan sesuatu yang berharga. Banyak jenis brankas yang ada mulai dari brankas kecil untuk pribadi hingga brankas bank yang ukurannya satu ruangan besar.

Pada bank di setiap negara, pasti memiliki brankas untuk menyimpan emas dan brankas kecil untuk fasilitas nasabah.

Seiring perkembangan zaman, banyak brankas yang memiliki keamanan tingkat tinggi di dunia. Semua ini tentu semata-mata untuk memberikan kepercayaan yang tinggi pada para nasabahnya.

Melansir laman cmi-gold-silver.com, Jumat (15/12/2017), berikut enam brankas bank paling aman di dunia:

6. The Legendary Swiss Vaults

Banyak adegan perampokan di film menyebutkan akan merampok Swiss Bank. Ternyata, Swiss Bank adalah salah satu tempat bank yang paling aman di dunia. Ciri khas dari brankas di Swiss Bank adalah brankas dengan tiga model kunci. Cara ini telah digunakan selama lebih dari 200 tahun yang menjadikan Swiss Bank menjadi salah satu Bank teraman di dunia.

5. The Gold Vault di Dubai

Dubai terkenal sebagai kota emas di dunia. Kota ini berhasil membuat tempat penyimpanan terbesar mereka pada 2009. Brankas tersebut terletak di Dubai Multi Commodities Center yang menggunakan teknologi keamanan terbaru di dunia.

Setelah brankas tersebut selesai, Dubai melakukan pemulangan emas mereka dari London untuk disimpan di tempat yang menjadi brankas teraman di dunia.

4. The London Silver Vault

Pada tahun 1957, London Silver Vaults menggunakan brankas yang sama dengan yang digunakan Amerika Serikat ketika mencoba senjata nuklir di Nevada.

Nuklir sebanyak 37 kiloton mencoba menghancurkan brankas tersebut, namun hasilnya nihil. Hingga saat ini brankas yang digunakan The London Silver Vaults merupakan brankas yang tidak dapat ditembus dengan apapun.

3. The Bank Of England Gold Vault

Jika orang penting Inggris ingin menyimpan rahasia, maka di sini adalah tempat yang paling aman. Lebih dari 4.600 ton emas yang tersimpan di brankas terbesar di Inggris ini. Brankas ini merupakan tempat yang kokoh dan tahan ledakan.

Ketika Perang Dunia Ke-2, tempat ini dijadikan tempat berlindung. Selain tahan ledakan, tempat ini juga sangat sulit untuk dibuka. Untuk membukanya, dibutuhkan tiga kunci utama, keamanan suara, dan keamanan rahasia lainnya yang tidak dapat disebutkan.

2. The New York Federal Reserve Vault

Jauh di bawah jalan Manhattan, terdapat brankas yang tidak kalah amannya dibanding brankas Fort Knox. Brankas ini sangat aman karena manusia tidak diperbolehkan masuk. Brankas ini dikendalikan oleh beberapa robot. Keamanan pada brankas ini sangatlah terjamin.

Tidak heran jika banyak pemerintah di dunia yang banyak menyimpan emas mereka di brankas ini. Tidak hanya itu saja, penembak jitu sekelas Jason Bourne pun siap sedia selama 24 jam untuk mengamankan brankas ini.

1. Fort Knox

Nama Fort Knox sama terkenalnya dengan Bank Swiss, yang sering disebut dalam adegan perampokan di film. Brankas ini dibuat pada tahun 1936 oleh Departemen Perbendaharaan Amerika Serikat di Kentucky untuk menyimpan semua emas milik negara.

Sejak saat itu, Fort Knox menjadi brankas paling aman di Amerika Serikat dan di dunia. Keamanan tempat ini dilengkapi dengan tentara bersenjata mesin dan pintu masuk seberat 22 ton dengan ketebalan sekitar 21 inci.

 

Post Terkait