Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat Bagi Anda

Sakit merupakan kondisi yang sangat tidak diharapkan setiap orang. Apalagi seperti kita ketahui bersama bahwa biaya untuk berobat di rumah sakit tidaklah murah. Maka yang bisa kita lakukan adalah bersiap atau berjaga-jaga bila kondisi tersebut tiba, salah satunya dengan memiliki asuransi kesehatan yang dari sisi biaya dapat diminimalisir.

Jangan beranggapan karena anda masih muda atau merasa sehat saat ini, lalu anda tak peduli dengan asuransi kesehatan. Kita bisa melihat beberapa public figure yang masih muda usianya namun sudah sakit bahkan meninggal dunia, sekalipun suka olah raga. Maka untuk mengantisipasi hal-hal seperti demikian kita bisa menyiapkan asuransi kesehatan dari sekarang. Namun dengan banyaknya informasi saat ini, anda kerap kali bingung harus memilih asuransi kesehatan seperti apa, karena banyak sekali tawaran yang datang kepada anda dan anda juga tidak tahu cara memilahnya. Anda bisa memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini.

Usia Bertambah, Semakin Mahal Preminya
Memiliki asuransi kesehatan tidak pandang usia, dari balita pun sudah disarankan untuk ikut asuransi kesehatan. Mengapa demikian? Seperti sudah disinggung di atas, biaya rumah sakit. Maka jangan menunda untuk memiliki asuransi. Kalau saat ini anda belum memiliki asuransi kesehatan, segeralah. Karena semakin anda bertambah usia, premi yang harus anda bayarkan akan semakin mahal. Konteks asuransi kesehatan ini adalah asuransi kesehatan swasta ya, bukan BPJS milik pemerintah.

Bukan berarti anda yang saat ini merasa sehat bugar tidak perlu asuransi kesehatan. Kita semua tidak pernah tahu kapan, maka sebaiknya bersiap diri.

Minimal Punya BPJS Kesehatan
Saat ini pemerintah mewajibkan seluruh masyarakat memiliki BPJS kesehatan. Salah satu tujuannya agar semua lapisan masyarakat bisa mendapat layanan kesehatan yang baik. Namun bagi anda yang memliki dana lebih dan ingin mendapat pelayanan yang lebih eksklusif, anda bisa membeli asuransi kesehatan swasta. Dengan anda memiliki BPJS kesehatan dan asuransi kesehatan swasta, anda bisa menggunakan keduanya untuk saling melengkapi. Bukan untuk double claim lho, tapi untuk saling melengkapi. Anda harus paham mengenai proses klaim asuransi kesehatan, karena umumnya masalah yang sering terjadi ada pada proses klaim. Oleh karena itu, penting untuk memahami setiap pasal dan klausul yang tercantum di dalam polis asuransi. Tujuannya untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak sesuai dari harapan akibat anda tidak membaca lengkap polis anda.

Memilih Asuransi Keluarga/ Kumpulan
Asuransi kesehatan umumnya menawarkan untuk individu, namun bila anda bandingkan dengan asuransi kesehatan untuk satu keluarga, tentu lebih hemat. Asuransi kesehatan kumpulan biasanya digunakan oleh perkantoran, maka bisa anda mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan dari kantor, biaya premi lebih terjangkau, karena jumlah karyawan juga banyak kan. Sehingga anda bisa melindungi seluruh keluarga anda dengan premi yang terjangkau.

Sesuaikan Premi Dengan Kemampuan Anda
Bila anda membeli asuransi kesehatan, anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan plan atau kelas yang bisa diambil. Semakin tinggi plan yang anda ambil tentu semakin tinggi pula biaya premi yang anda bayarkan. Maka semua kembali lagi kepada kemampuan anda membayar premi, bukan dilihat dari besarnya plan. Anda harus memiliki alokasi yang jelas untuk asuransi kesehatan ini, jangan memaksakan keuangan sehingga mengorbankan pos keuangan yang lain.

Harus dimengerti bahwa asuransi itu adalah salah satu pilar terpenting dalam ilmu Perencana Keuangan. Dan anda bisa pelajari hal-hal tersebut di beberapa workshop dengan info berikut ini: Workshop mengelola keuangan dan gaji CPMM di Jakarta info bisa dibuka di sini berbarengan dengan kelas Belajar Asuransi info buka di sini, sementara untuk reksa dana Jakarta info bisa dibuka di sini berbarengan dengan di Yogya, Solo dan Semarang (JogLoSemar / Jawa Tengah) bisa lihat info di sini dan di sini.

Ingat, Jika kita memiliki asuransi kesehatan, kita dapat meminimalisir risiko dari besarnya biaya rumah sakit bila sampai harus ada tindakan medis. Artinya anda akan lebih tenang dari sisi keuangan dan tidak perlu ragu untuk membayar premi. Semoga anda dapat memilih asuransi kesehatan yang tepat dan premi yang sesuai kantong anda.

Post Terkait