Memberi Pinjaman Uang, Ini Plus Minusnya

Memberi pinjaman uang kepada orang lain perlu memperhitungkan pengembaliannya yang tidak tepat waktu. Ada hal-hal yang perlu Anda ketahui bila memang mau meminjamkan uang.

Saat memberikan pinjaman tentu ada kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, ketika Anda bisa memberikan pinjaman yaitu menjadi lebih percaya diri.

Bagi orang lain tentunya akan dapat menjadi lebih dipercaya dan meningkatkan rasa pertemanan dan persaudaraan. Kita sendiri juga bisa mengetahui yang mana orang-orang di sekitar kita yang benar-benar dapat dipercaya dan diandalkan dalam hal keuangan dan pinjam meminjam uang.

Selain itu, menciptakan rasa senang ketika memberikan pinjaman, tentu ada rasa senang karena telah membantu teman atau orang terdekat yang sedang mengalami kesulitan finansial dan memiliki kebanggaan sendiri karena punya sedikit lebih uang sehingga bisa membantu.

Sedangkan kekurangannya, ada kemungkinan uang tidak kembali.  Pinjaman uang yang diberikan bisa saja tidak kembali jika orang yang diberikan pinjaman tidak punya rasa tanggung jawab. Maka dari itu, Anda juga perlu perhatikan kelakuan dan sikap dari si peminjam serta kebutuhan apa yang mengharuskan orang tersebut meminjam uang.

Selain itu, jika Anda memberikan pinjaman kepada orang yang boros tentu saja Anda harus mempersiapkan diri untuk tidak dapat uang Anda kembali.

Lalu, ketika pinjaman yang diberikan tidak kembali tentu saja akan  merusak pertemanan. Saat Anda memberikan pinjaman dan mengharapkan untuk mengembalikannya tepat waktu. Bisa saja hal yang tidak mengenakkan terjadi, salah satunya merusak hubungan kekerabatan karena tidak bisa membayar utang.

Post Terkait