Meikarta Sediakan Lahan Inkubasi untuk Startup

Istilah startup menjadi populer dalam beberapa tahun belakangan ini. Startup merupakan perusahaan yang baru didirikan serta berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menamukan pangsa pasarnya.

Biasanya perusahaan startup identik dengan bisnis yang berbau teknologi atau website yang saling terkait. Di Indonesia sendiri perkembangan bisnis startup sangat bagus. Contoh Startup Indonesia yang namanya berkibar antara lain Go-Jek dan Tokopedia.

Setiap tahun banyak pemilik startup baru bermunculan di indonesia. Setidaknya lebih dari 1.500 startup lokal yang ada di Indonesia.

Potensi pengguna internet Indonesia yang mencapai 135 juta di 2017 dan akan terus naik tiap tahunnya, tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah start up.

Peluang ini juga yang ditangkap oleh Lippo Group. Pengembang ini ingin membangun kota baru di luar Jakarta yang infrastrukturnya berskala internasional. Kota ini diharapkan menjadi kota terindah dan terlengkap di Asia Tenggara.

Kota baru Meikarta tengah disiapkan Lippo Group dengan berbagai fasilitas. Untuk pendidikan, rencananya akan dibangun sekolah dasar internasional dan nasional plus, SMP, SMA nasional dan internasional, universitas nasional, pusat riset industri, international exhibition center, dan Indonesian Silicon Valley. Di kawasan ini nanti juga akan dibangun wadah berkumpulnya startup seperti Go-Jek dan Tokopedia.

Silicon valley yang sebenarnya adalah sebutan bagi daerah selatannya San Fransisco Bay Area, California Amerika Serikat. Bisa dibilang Silicon Valley adalah ibukotanya teknologi dunia. Sebutan itu memang pantas, mengingat Silicon Valley adalah rumah bagi banyak perusahaan teknologi informasi dari startup hingga yang sudah lama berdiri.

Di Meikarta, dibangunnya Indonesian Silicon Valley tentu untuk menunjang kegiatan operasional dan aktivitas keseharian perusahaan berbasis teknologi digital. Perusahaan itu seperti startuptechnology leader, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang informasi dan teknologi (IT).

Bagi perusahaan startup akan disediakan lahan inkubasi oleh Meikarta. Di sana perusahaan startup diharapkan bisa berkreasi dan mempunyai nilai jual tinggi atas perusahaannya.

Kawasan ini nantinya akan memiliki berbagai keunggulan. Dari segi infrastruktur, misalnya, jaringan fiber optik yang akan ditanamkan dan menjadi bagian dari Smart City yang didukung perusahaan tehnologi dunia. Dari segi pendanaan tentunya akan banyak Venture Capital yang melirik startup di Meikarta .

Post Terkait