Mau Tabungan Rp30 Juta dalam Setahun, Wajib Cari Uang Tambahan

Bagaimana caranya mengumpulkan uang hingga berjumlah Rp30 juta dalam setahun? Sepertinya cukup mustahil, namun bila dilakukan dengan fokus dan teratur hal tersebut bisa saja terjadi. Saat ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan uang dengan aman, misalnya dengan menabung atau ikut investasi. Selain itu, dengan perencanaan uang yang baik, uang akan mudah terkumpul.

Bagi Anda yang sedang mengumpulkan uang saat ini, dilanjutkan saja. Tetapi, bila Anda baru saja berkeinginan untuk mengumpulkan uang, lakukan sesegera mungkin. Dengan memulai mengumpulkan uang sejak dini, sudah pasti uang yang dikumpulkan tersebut nilainya akan semakin tinggi di masa depan nanti. Lalu, bagaimana cara mengumpulkan uang Rp30 Juta hanya dalam waktu satu tahun? Berikut ulasannya.

1. Tentukan Tujuan dan Target

Saat kita hendak mengumpulkan uang, kita perlu motivasi diri yang muncul karena adanya tujuan dan target yang lebih khusus dari diri. Tuliskan dalam target bahwa Anda ingin mengumpulkan uang sejumlah Rp30 juta dari mulai awal tahun depan untuk kebutuhan penting dalam hidup.

Kemudian tentukan bagaimana caranya, apakah akan menabung dalam jumlah besar setiap bulannya? Atau dengan mencoba Investasi? Tuliskan target tersebut di tempat yang mudah ditemui, hingga Anda bisa terus mengingatnya.

2. Bagaimana Strategi Menabungnya?

Anda bisa praktik dengan menabung sebagian dari penghasilan setiap bulannya. Jika target tabungan hingga 30 juta, setidaknya Anda harus menyisihkan minimal Rp2,5 Juta setiap bulannya. Sisihkan secara teratur.

3. Bagaimana Cara Investasi?

Apabila Anda memilih investasi, pilih investasi yang risikonya rendah. Misalnya, produk reksa dana pasar uang. Selain memiliki risiko yang lebih rendah, ada kemungkinan nilainya bisa melebihi bunga deposito. Berbagai produk reksa dana pasar uang bisa memberi imbalan hingga di atas 7% per tahunnya. Sisihkan secara teratur, mungkin uang yang di tabung bisa lebih dari Rp30 juta.

4. Berhemat

Karena tujuan awal kita untuk mengumpulkan uang, kita kita harus berhemat semaksimal mungkin. Misalnya, jika memiliki gaji Rp5 juta per bulan, Anda menganggarkan untuk tabungan sebesar 25%, itu berarti gaji Anda akan tersisa sebesar Rp3.75 juta.

Hal ini adalah kewajiban karena target Anda untuk mengumpulkan uang sebesar Rp30 juta tadi. Masalahnya adalah apakah cukup dengan hanya 3.75 juta untuk keperluan Anda? Usahakan cukup, tanpa adanya beban utang.

5. Cari Uang Tambahan

Sadar akan target yang sudah dibuat untuk bisa mengumpulkan uang tersebut, Anda juga perlu mencari alternatif lain untuk bisa memiliki uang tambahan agar tabungan bisa mencapai Rp30 juta. Salah satu caranya dengan mencari pendapatan tambahan. Anda bisa mencoba berjualan online atau menjadi reseller dari produk yang sedang hit saat ini. Selain itu, Anda juga bisa bekerja freelance sesuai keahlian. Di zaman melek teknologi seperti saat ini, mencari pekerjaan tambahan rasanya tidak terlalu sulit.

Fokus ke Tujuan

Jika Anda benar-benar ingin segera mengumpulkan uang dalam jumlah besar dalam kurun waktu yang singkat, kuncinya hanya perlu fokus kepada tujuan tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan berbuat curang menggunakan uang yang ada untuk keperluan lain, namun dengan jujur lebih akan fokus ke tujuan dan berusaha mencapai tujuan tersebut.

Post Terkait