Mantap! BTPN Dapat Rating AAA dari Fitch

Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings Indonesia menyematkan peringkat AAA untuk surat utang yang akan diterbitkan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN).

Peringkat ini diberikan untuk Obligasi Berkelanjutan III Bank BTPN Tahap II Tahun 2017 sebesar maksimum Rp1,5 triliun dengan jangka waktu maksimum tiga tahun.

Direktur Fitch Indonesia Iwan Wisaksana mengatakan, peringkat yang diterima BTPN merefleksikan pandangan bahwa perusahaan induk BTPN, Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) memiliki kecenderungan tinggi untuk memberikan dukungan kepada BTPN mengingat kepentingan strategis BTPN untuk SMBC sesuai dengan kriteria pemeringkatan institusi keuangan anak perusahaan dan holding.

Asal tahu saja, peringkat AAA(idn) ini merupakan peringkat tertinggi yang diberikan Fitch pada skala peringkat nasional untuk indonesia. Itu artinya, BTPN dipercaya memiliki ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah untuk Obligasi ini dibanding emiten atau surat utang lainnya.

Meski begitu, Iwan memperingkatkan bahwa peringkat ini sensitif terhadap adanya perubahan pada peringkat nasional jangka panjang BTPN. Peringkat bank BUKU III ini mungkin tertekan karena adanya perkembangan yang mengarah ke pelemahan dukungan dari induk, seperti perubahan besar pada kepemilikan atau melemahnya keuangan perusahaan induk secara signifikan.

Post Terkait