Makin Berkembang, Bekasi Hadirkan Kawasan Modern Terintegrasi

Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bekasi, salah satunya Cibitung, kian pesat. Sebab Cibitung merupakan wilayah dengan pengelolaan industri terbesar di Asia Tenggara yang terdekat dari Jakarta.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota dan Daerah sedang mempersiapkan infrastruktur untuk mempermudah mobilisasi para pekerja industri di Cibitung. Di antaranya transportasi massal Light Rail Transit (LRT) rute Cawang – Bekasi, Mass Rapid Transit (MRT) rute Tangerang – Bekasi dan kereta cepat Jakarta – Bandung.

Tidak hanya transportasi massal, Pemerintah juga tengah disibukkan dengan pembangunan ruas Toll JORR 2 yang akan melingkari Jakarta dan menghubungkannya dengan sejumlah lokasi antara lain, Tangerang, Bintaro, Depok hingga Bekasi. Serta pengembangan proyek jalan Toll Jakarta – Cikampek II (elevated) yang keseluruhan rutenya akan melintasi wilayah Cibitung.

Terdapat pula pembangunan proyek dua bandar udara bertaraf internasional yang akan dibangun di daerah Kertajati dan Karawang. Rencana pemerintah lainnya adalah pembangunan Pelabuhan Patimban bertaraf internasional yang terletak di wilayah Subang. Keseluruhan proyek tersebut direncanakan akan rampung dalam beberapa tahun ke depan.

Melihat perkembangan tersebut, maka tak heran banyak investor berlomba menanamkan modalnya di Cibitung yang dekat dengan Jakarta ini. Bahkan diprediksi nilai investasi properti di Cibitung akan terus meningkat.

Melihat peluang sekaligus menjawab tingginya permintaan hunian tersebut, grup pengembang properti PT. Sirius Surya Sentosa akan membangun kawasan superblok bernama Vasanta Innopark. Kawasan ini hadir dengan konsep Integrated City Within a City yang kental dengan nuansa Jepang dan kemudahan akses di dalamnya.

Vasanta Innopark memiliki lokasi yang sangat strategis tepat di exit Toll Cibitung KM 24 ruas Toll Jakarta– Cikampek. Kedepannya akan dilewati proyek jalan Toll Jakarta Cikampek II (elevated) dan menjadi jantung interchange antara Toll Cikampek dengan Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2).

Dalam lokasi strategis ini, Vasanta Innopark memiliki 28-In-1 Integrated Facilities dan Amenities. Konsep ini membedakan Vasanta Innopark dengan hunian lainnya, yaitu terdapat, Multilayer Park, University, Children Theme Park, Onsen, Outdoor Community Centre, Sky Lounge dan masih banyak lagi.

Vasanta Innopark merupakan pilihan terbaik hunian berkualitas di sebuah Central Business District (CBD) yang terintegrasi dengan kawasan industri MM2100 dengan akses nyaman yang penghuninya dapat tinggal, bekerja, belajar, bermain (live, work, learn, play) dan terhubung satu sama lainnya hanya dalam satu kawasan.

Kemudian Vasanta Innopark memiliki kelebihan yang belum pernah dimiliki oleh hunian lainnya, yaitu Multilayer Park pertama di Indonesia dengan luas berkisar 2 hektare yang dapat menghubungkan seluruh fasilitas. Sehingga memudahkan setiap orang untuk berinteraksi dan berpindah dari satu fasilitas ke fasilitas lainnya, melalui taman-taman di dalamnya.

Pembangunan Vasanta Innopark tahap pertama akan dimulai pada awal tahun 2018, untuk memenuhi komitmen kepada konsumen pembangunannya direncanakan akan rampung tepat waktu yakni pada tahun 2020.

Sebagai tahap awal, proyek komersial terintegrasi dengan total luas keseluruhan mencapai 100 hektare, pada phase pertama terbagi lahan seluas 12 hektare yang akan dibangun 17 tower didalamnya. Terdiri dari apartment, serviced-apartment, condominium, mall, shop houses, office tower, dan 4 star premier hotel. Fasilitas lainnya yang telah tergabung lebih dulu antara lain, Rumah Sakit Grha MM2100, Hotel Enso dan Institut Teknologi Bandung atau yang lebih dikenal dengan nama ITB Technopark.

Tower pertama yang dibangun adalah Tower Aoki dengan jumlah total 805 unit terbagi menjadi 3 tipe, studio dengan luas 26,19 m2 (semi gross), 1 bed roomdengan luas 34,67 m2 (semi gross) dan 2 bed room dengan luas 43,28 m2 (semi gross) serta 216 shophouses.

“Vasanta Innopark rencananya akan mulai dipasarkan pada akhir tahun 2017 dengan harga mulai dari Rp. 279 juta termasuk PPN,” jelas Reggy Widjaya selaku President Director PT. Sirius Surya Sentosa.

Pemerintah menargetkan penyelesaian Toll Jakarta – Cikampek II (elevated) dan Toll JORR 2 pada tahun 2019 sehingga jika pengerjaan telah selesai 100 persen maka akan memberikan dampak signifikan kepada nilai investasi proyek ini.

“Perkembangan Bekasi yang semakin pesat setiap tahunnya merupakan salah satu alasan kami menggarap Vasanta Innopark. Hasil riset menunjukkan permintaan hunian bertingkat atau apartemen di Bekasi masih tetap tinggi, dengan semakin banyaknya permintaan hunian di kota ini maka potensi untuk pembeli mendapatkan keuntungan (capital gain) lebih besar mengingat kawasan koridor timur Jakarta memiliki keunggulan akses dan pengembangan infrastruktur dibandingkan koridor kawasan lainnya, sangat sesuai untuk mereka yang ingin tinggal maupun berinvetasi,” kata Reggy lagi.

Berada pada lokasi paling strategis di wilayahnya, Vasanta Innopark memiliki kelengkapan fasilitas, dukungan sarana pendidikan serta infrastruktur yang semakin baik, Vasanta Innopark diprediksi akan menjadi pusat perekonomian baru di Timur Jakarta dengan nilai investasi yang cukup pesat dan berkelanjutan.

Signing Ceremony antara Institut Teknologi Bandung dan Vasanta Innopark yang dihelat pada 27 Juli 2017 menandai langkah awal kesuksesan Vasanta Innopark. Penandatangan ini dilakukan oleh Rektor Institut Teknologi Bandung, Bapak Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA dan jajaran direksi Vasanta.

Gedung ITB Technopark Bekasi ini diperuntukan bagi Pusat Penelitian Unggulan dan Program Studi S2, S3 Vokasi (Terapan). Pusat Penelitian Unggulan yang rencananya akan dikembangkan di antaranya adalah Nanotechnology and Advance Science, Automotive and Transportation Industry, Bio-Energy and Environment Management.

“Melalui Signing Ceremony antara ITB dan Vasanta Innopark ini kami ingin memperkenalkan Vasanta Innopark sekaligus meresmikan sinergi kerjasama dengan ITB Technopark yang berlokasi strategis tepat di exit Toll Cibitung KM 24 ruas Toll Jakarta – Cikampek, yang juga merupakan bagian dari kawasan industri MM2100,” ujar Reggy.

Kerja sama ini menandakan bahwa ITB Technopark yang merupakan kampus dan pusat penelitian telah tergabung di kawasan Vasanta Innopark. Latar belakang pengembangan Institut Teknologi Bandung Technopark di wilayah Kota Bekasi tak lain karena ekosistem pendidikan wilayah Bekasi dan sekitarnya sampai saat ini dinilai relatif belum maksimal.

Terlebih sejumlah industri berbasis teknologi juga mengaku terkendala oleh kurangnya tenaga teknik. Oleh karena itu, kerja sama tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan yang terintegrasi di daerah industri tersebut.

Diharapkan kehadiran ITB akan membawa implikasi yang terasa di lingkungan Bekasi. Ke depannya program ITB Technopark Bekasi ini tidak hanya melibatkan ITB sebagai aktor akademisi, akan tetapi melibatkan perguruan tinggi berstandar internasional, seperti universitas dari Jepang dan perguruan tinggi lainnya yang terdapat di wilayah Bekasi dan sekitarnya.

Pembangunan ini diperkirakan membutuhkan luasan total area sekitar 12.000 m2 yang diperuntukkan tidak hanya untuk kampus namun menjadi pusat penelitian yang terdiri dari 10 lantai dan 2 basement yang di dalamnya. Area ini akan dapat menampung 7.500 – 10.000 orang di antaranya SDM, pengajar, mahasiswa, dan tenaga penunjang lainnya.

Tentang PT. Sirius Surya Sentosa

PT. Sirius Surya Sentosa (SSS) merupakan group dari Vasanta Indo Properti yang memprakarsai Vasanta Innopark. Dipimpin oleh Reggy Widjaya sebagai President Director yang puluhan tahun berpengalaman dalam dunia arsitektur dan properti, Vasanta adalah salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia.

Sejak beroperasi Vasanta fokus pada pengembangan mixed-used complex yang di dalamnya terdapat high-rise building, apartment tower dan juga residential tower. Dalam menciptakan sebuah hunian, Vasanta berusaha memberikan nilai – nilai kepuasan kepada konsumennya dengan mempersembahkan konsep hunian yang berkualitas lengkap dengan lokasi strategis yang menjamin kualitas kenyamanan lingkungan hidup.

Proyek yang digarap oleh Vasanta memiliki keunggulan di antaranya, pengembangan kawasan yang mengedepankan kualitas lingkungan hidup dengan Green Eco konsep dan ciri khas pada bentuk arsitektur bangunan yang sarat akan kecanggihan, modernisasi dan inovasi.

Kesuksesan Vasanta dibuktikan melalui komitmen yang tinggi sebagai pengembang yang mengutamakan kualitas hunian di kawasan terbaik dan ketepatan waktu dalam membangun proyeknya. Sebelumnya Vasanta lebih dulu sukses dalam proyek Apartemen Saumata sebuah hunian eksklusif yang dirancang untuk kalangan kelas menengah keatas berlokasi di Alam Sutera.

Post Terkait