Komoditas dan Dolar AS Bikin Bursa Asia Melambung

Bursa saham di Asia dibuka menguat pada perdagangan hari ini. Kenaikan terjadi setelah harga komoditas naik dan didukung oleh produsen China.

Seperti dilansir CNBC, Selasa (17/10/2017), indeks acuan Jepang, Nikkei 225 naik 0,49% setelah menyentuh level tertinggi. Produsen mobil, sektor keuangan dan manufaktur mencatat kenaikan setelah dolar AS menguat terhadap Yen.

Sementara itu, indeks acuan Korea, Kospi menguat 0,1% karena produsen baja berhasil mencatatkan kinerja positif. Saham teknologi seperti Samsung Electronics naik 1,67% dan SK Hynix naik 1,78%.

Sedangkan indeks acuan Australia ASX 200 naik 0,6 persen. Saham bank dan minyak membukukan kenaikan di awal sesi.

Beberapa sentimen mewarnai pergerakan bursa Asia, seperti harga tembaga yang melonjak sehingga indeks di harga produsen China mengalahkan ekspektasi. Logam juga berhasil memecah rekor ke level USD7.000 per ton, dan mencapai level tertinggi sejak 2014.

Harga komoditas seperti minyak juga naik terkerek berita ketegangan geopolitik yang terjadi di Kirkuk. Harga minyak mentah Brent turun 0,09% menjadi USD57,77 per barel dan minyak mentah AS turun0,25%.

Post Terkait