Kilau Emas Meredup Tertekan Dolar AS

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup lebih rendah pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena pasar saham AS yang stabil mengurangi kekhawatiran aksi jual lebih dalam, dan dolar AS menguat.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni turun USD9,6 atau 0,71% menjadi menetap di USD1.337,3 per ounce.

Meskipun pasar saham Eropa berakhir lebih rendah, pasar saham AS diperdagangkan lebih tinggi karena saham-saham berusaha untuk pulih, setidaknya mengembalikan sebagian dari kerugian yang dipicu oleh sektor teknologi.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, naik 0,18% menjadi 90,21 pada pukul 20.00 GMT.

Emas biasanya bergerak berlawanan arah dengan dolar AS dan ekuitas, yang berarti jika dolar AS dan saham naik maka emas berjangka akan turun, karena emas yang dihargakan dalam dolar AS menjadi lebih mahal bagi para investor yang menggunakan mata uang lainnya dan pasar saham akan memikat arus masuk investasi.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei turun 28 sen atau 1,68%, menjadi menetap di USD16,392 per ounce. Platinum untuk penyerahan Juli turun USD5,2 atau 0,56% menjadi ditutup pada USD931,3 per ounce.

Post Terkait