Karena Uang Masalah Selesai, Apakah Benar Demikian?

Setiap orang tentunya menginginkan kesuksesan dalam kehidupannya. Dengan menjadi sukses dan kaya, tentu saja kehidupan menjadi lebih baik dan bahagia. Banyak orang yang berpikir jika memiliki banyak uang akan membuat hidup menjadi lebih bahagia. Uang yang banyak dapat memenuhi segala kebutuhan dan keinginan serta menyelesaikan beragam masalah yang terjadi.

Pendapat di atas memang tak sepenuhnya salah. Namun, tak semua masalah dapat diselesaikan dengan uang. Ada banyak hal yang tidak dapat dibeli uang. Karena itu, Anda tidak bisa berharap penuh jika harta dapat menyelesaikan semua persoalan hidup yang Anda miliki.

Berikut ini ada beberapa bukti yang menunjukkan jika uang tidak selamanya dapat menyelesaikan masalah dalam hidup.

1. Saat Pengeluaran Lebih Besar daripada Pemasukan

Apakah Anda sering merasa kekurangan meskipun pemasukan yang dimiliki sebenarnya cukup besar? Pikirkan kembali mengenai hidup Anda, apakah gaya hidup sudah sesuai dengan pemasukan? Ataupun ada salah perhitungan dalam pengelolaan keuangan? Juga hal-hal lainnya yang sekiranya bersifat konsumtif yang menyebabkan pengeluaran membengkak. Meskipun pemasukan yang dimiliki cukup banyak, tetap tidak membuat Anda merasa cukup karena masalahnya ada pada gaya hidup yang tidak tepat sehingga membuat pengeluaran akan selalu lebih besar dibandingkan pemasukan. Berinvestasi dan bersikap yang realistis akan jauh lebih penting untuk masa depan Anda dibandingkan dengan bersenang-senang ataupun menjaga image atau kebiasaan yang bersifat konsumtif.

2. Kebahagian Belum Tentu Didapat

Melakukan hal-hal yang diinginkan, seperti shopping, makan-makanan enak di restoran, dan lainnya, memang menyenangkan, terutama ketika Anda sedang merasa banyak tekanan. Jika hal ini dilakukan sesekali, sebenarnya tidak masalah. Namun, kalau menjadikan hal ini sebagai sebuah kebiasaan yang terus-menerus dilakukan dengan tujuan untuk mencari kebahagiaan, nantinya Anda hanya akan menghambur-hamburkan uang dengan sia-sia. Masalah yang Anda miliki tidak akan selesai, bahkan rasa senang yang dirasakan sifatnya hanya sementara.

Jika memang sedang memiliki beban dan masalah, Anda bisa mencoba untuk curhat ataupun cerita kepada orang-orang yang dipercaya. Hal ini tentu saja akan membantu Anda mendapatkan solusi dengan tidak menghabiskan banyak biaya.

3. Mengoleksi Gelar

Mengejar pendidikan ataupun gelar adalah hal-hal yang sah saja dilakukan setiap orang. Asalkan jangan sampai memaksakan diri hingga menghalalkan segala cara yang salah. Banyak orang yang berpendapat kesuksesan di masa depan dapat terjamin jika masuk ke kampus ataupun sekolah yang ternama yang biaya pendidikannya tidak murah. Segala cara pun dilakukan untuk mengeluarkan biaya pendidikan yang cukup besar tersebut. Meskipun sudah diterima di sekolah yang ternama, belum tentu menjamin jika Anda akan bersemangat untuk kuliah ataupun memenuhi tuntutan dari sekolah tersebut. Padahal, banyak sekali kisah sukses dari orang-orang yang tidak lulus kuliah, tetapi sukses semisal Walt Disney.

4. Hidup yang Selalu Sehat

Sakit merupakan hal yang datangnya secara tiba-tiba, bahkan tidak pandang bulu sedikit pun. Tidak peduli apakah Anda sedang memiliki uang atau tidak. Sakit bisa saja menghampiri Anda. Saat sakit, tentu saja Anda membutuhkan biaya untuk membayar perawatan rumah sakit ataupun obat. Namun, tak peduli seberapa banyak uang yang Anda miliki, penyakit tersebut tetap dapat menggerogoti tubuh. Karena itu, akan lebih baik untuk membiasakan diri gaya hidup yang sehat. Misalnya, mengonsumsi buah dan sayur yang cukup, air putih setiap harinya, dan lainnya. Tak perlu mengikuti tren kesehatan yang menghabiskan banyak biaya. Yang penting cukupi diri dengan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan

5. Mendapatkan Pasangan

Mencari jodoh tidak membutuhkan banyak uang. Hal inilah yang harus Anda tanamkan dalam pikiran. Tak perlu untuk membekali diri dengan penampilan yang “wah” untuk menarik seseorang. Penampilan yang simpel dan elegan malah akan membuat tampilan Anda terlihat menarik.

Tidak Akan Ada Habisnya

Keinginan akan uang terkadang menjadi tidak terbatas jika Anda merasa semua masalah bisa terselesaikan dengan adanya uang. Hal inilah yang kemudian cukup membahayakan. Sikap ini lah yang membuat Anda terus-menerus mengandalkan uang dan tidak ada batasnya. Masih banyak hal di dunia ini yang dapat membuat Anda bahagia tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Post Terkait