Investor Tiongkok Lirik Rel KA Medan-Danau Toba

Pesona Danau Toba terus memancar kemana-mana. Setelah investor Singapura yang berminat menanamkan modal ke sana, kini giliran investor dari Tiongkok yang tertarik membangun infrastruktur di kawasan yang bakal segera disulap menjadi satu dari ’10 Bali Baru’ itu.

Adapun infrastruktur yang bakal dibidik, yakni pembangunan jalur kereta api menuju Danau Toba di Sumatera Utara.

“Investor Tiongkok mau bangun railroad dari Medan sampai Danau Toba. Dia mau bangun infrastruktur. Saya pikir dia mau investasi kecil, dia bilang kami siap sampai USD 10 miliar,” ujar Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengingatkan Investor Tiongkok yang tertarik membangun jalur rel kereta dengan rute Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi – Pematangsiantar, hingga ke kawasan Danau Toba, harus mengikuti kebijakan dan aturan pemerintah RI.

“Saya bilang, Anda harus mengikuti rules of engagement Indonesia, tidak bisa kamu (investor dari manapun juga) yang atur,” terang dia.

Saat ini memang banyak investor asing yang akan menanamkan investasinya di Indonesia, khususnya di Danau Toba. Terlebih setelah Indonesia telah meraih investment grade dari Standards & Poor’s (S&P) yang merupakan salah satu indikator sasaran berinvestasi.

Akhir tahun lalu, lima calon investor asal Rusia juga menyambangi Sumatera Utara untuk melakukan survei pembangunan jalur kereta di wilayah tersebut

“Investor mau masuk, ini berarti wilayah Danau Toba sangat strategis di mata Investor. Pemerintah memang telah melakukan berbagai perbaikan dalam kemudahan investasi, salah satunya dengan menyederhanakan peraturan, menerapkan transparansi dan cepat mengambil keputusan,” tuturnya.

Post Terkait