Inilah Pertimbangan-Pertimbangan bila Pakai KTA untuk Modal Nikah

Menikah adalah impian bagi setiap pasangan. Namun bukan berarti menikah adalah akhir dari segalanya dan pasti selalu bahagia. Ada banyak hal yang harus Anda pahami dari sebuah pernikahan, yaitu tentang pengertian satu sama lain. Pengertian inilah yang juga menjadi penyebab merenggangnya suatu hubungan. Sebab ada salah satu pasangan yang tidak mau mengerti.

Selain itu, menikah juga tidak hanya soal perasaan, tetapi juga soal materi atau uang. Dari awal akan menikah saja, Anda sudah harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit, misalnya untuk modal acara pernikahan. Tentu akan ada banyak sekali modal yang harus Anda keluarkan untuk biaya pernikahan, tetapi sayangnya tidak semua pasangan memiliki modal yang cukup untuk menikah.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menempuh beberapa jalan keluar. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan KTA (kredit tanpa agunan). Mendapatkan modal dari KTA juga bukanlah hal yang mudah. Sebab Anda harus memiliki beberapa persyaratan penting. Anda bisa katakan ya atau tidak untuk mendapatkan modal pernikahan dengan memanfaatkan KTA jika beberapa hal berikut ini sesuai dengan diri Anda.

Ambil KTA sebagai Modal Nikah Bila Keempat Hal Ini Terpenuhi

1. Memiliki Income yang Pasti Setiap Bulan

Pernikahan adalah momen yang paling membahagiakan di dunia bagi sepasang kekasih. Namun, tidak hanya kebahagian saja yang harus Anda pikirkan. Anda juga harus memikirkan tentang biaya pernikahan yang tidak murah. Biaya ini bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan KTA. Tapi, ingatlah, sebelum Anda menggunakan KTA sebagai modal pernikahan, pastikan Anda sanggup untuk membayar cicilan setiap bulannya. Pastikan juga kalau Anda memiliki penghasilan yang cukup untuk melunasi cicilan setiap bulannya.

2. Jika Memiliki Pasangan yang Bisa Memahami Tanggungan Anda

Ketika Anda ingin menggunakan KTA sebagai sumber modal acara pernikahan, ada baiknya pastikan dulu kalau pasangan Anda adalah orang yang bisa mengerti atau menerima kurang lebihnya Anda. Pastikan jika pasangan mau bekerja sama dalam menjalani hidup walaupun bukan berarti ia harus ikut membayar cicilan. Bicarakan dengan pasangan jika nantinya modal pernikahan berasal dari pinjaman KTA sehingga Anda harus benar-benar memanfaatkan modal tersebut untuk acara yang benar-benar penting.

3. Telah Menghitung Anggaran Acara Pernikahan

Ketika Anda akan menggunakan modal dari KTA untuk acara pernikahan, ada baiknya lakukan perhitungan anggaran dengan tepat. Catatlah segala rencana dan apa pun yang akan ada di acara pernikahan. Sebab segala perhitungan dari yang terkecil hingga terbesar harus masuk dalam dalam list anggaran Anda. Perhitungan anggaran pernikahan harus benar-benar Anda lakukan agar nantinya bisa memperhitungkan kurang lebihnya pengeluaran untuk pernikahan.

4. Memiliki Dana Darurat

Siapkan dana darurat atau uang cadangan untuk memenuhi kebutuhan dan membayar cicilan dalam beberapa bulan ke depan. Hal ini harus Anda siapkan agar nantinya jika ada kekurangan uang, pembayaran cicilan tidak akan terlambat atau menunggak. Karena jika Anda menunggak cicilan bulanan, hal ini akan membuat Anda lebih terbebani dan berat untuk melunasi cicilan tersebut.

Jangan Ambil KTA sebagai Modal Nikah Bila Keempat Hal Ini Terpenuhi

1. Tidak Punya Pekerjaan Tetap atau Pekerjaan Tidak Stabil

Jangan menggunakan modal untuk pernikahan dari KTA jika Anda belum memiliki pekerjaan yang tetap ataupun status Anda belum pegawai tetap. Hal ini bisa menyebabkan Anda merasa terbebani atau merasa stres dengan cicilan setiap bulannya. Sebaiknya, Anda memiliki pekerjaan tetap dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan KTA.

2. Punya Sejumlah Utang

Jangan menggunakan modal pernikahan dari KTA jika Anda masih memiliki tunggakan utang. Misalnya, cicilan mobil, motor, dan lain sebagainya. Jika memaksakan diri untuk menggunakan KTA sebagai modal pernikahan, Anda tentu akan merasa keberatan dalam melunasi seluruh cicilan, baik yang sebelumnya maupun KTA.

3. Tidak Punya Tabungan Sama Sekali

Jangan nekat menggunakan KTA untuk modal pernikahan Anda jika tidak memiliki uang tabungan sama sekali. Hal ini bisa menyebabkan Anda mengalami kesulitan saat melakukan cicilan KTA. Sebaiknya, Anda mempersiapkan tabungan dengan matang sebelum menikah agar nantinya juga memiliki backup ketika ada sesuatu yang mendesak.

4. Tidak Memahami Apa Pun tentang KTA

Jika ingin menggunakan KTA sebagai sumber modal acara pernikahan dan Anda tidak tahu tentang seluk beluk KTA, lebih baik Anda tidak menggunakan KTA. Sebab Anda belum memahami tentang apa itu KTA dengan jelas. Hal ini dapat menyebabkan Anda bingung dan kesulitan nantinya.

KTA untuk Modal Pernikahan

Memanfaatkan KTA sebagai modal pernikahan adalah sebuah ide yang bagus, tapi dengan beberapa persyaratan juga. Ada banyak sekali manfaat atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan KTA. Pertama, Anda bisa mendapatkan modal pernikahan. Kedua, Anda bisa lebih cepat menikah. Ketiga, Anda bisa membuat acara pesta yang sesuai dengan impian Anda. Namun, jangan salah dengan ketentuan yang wajib Anda miliki. Anda harus memastikan jika pendapatan setiap bulan selalu ada. Pastikan juga kalau pasangan bisa mengerti dengan keputusan Anda supaya nantinya tidak ada kesalahpahaman dalam memutuskan sesuatu.

Post Terkait