Ini 8 Macam Investasi Emas yang Bisa Kamu Coba

Investasi emas kian menarik minat investor karena kemudahan yang ditawarkannya. Setelah ditilik lebih mendalam, investasi emas nggak melulu berkutat pada emas perhiasan dan emas batangan semata, lho.

Dikutip dari Swara Tunaiku, masih ada jenis investasi emas lain  yang bisa kamu coba. Penasaran?  Ini dia daftar lengkapnya:

1. Emas batangan

Seluruh lapisan masyarakat sudah tidak asing lagi dengan investasi emas batangan. Hal ini dilatarbelakangi oleh kemudahan yang ditawarkan dari investasi emas batangan. Seperti kemudahan untuk jual dan beli.  Dan salah satu yang populer adalah emas batangan dari Antam

Meski demikian, untuk mendapatkan profit kamu harus menunggu dalam waktu yang cukup lama. Untungnya, setiap kali membeli emas batangan selalu dilengkapi dengan sertifikasi keaslian dan berat emas.

2. Emas perhiasan

Pada saat-saat tertentu, kamu bisa, nih, memfungsikan  emas sebagai perhiasan yang bisa mempercantik penampilan. Selain dari segi profit, emas perhiasan juga punya nilai estetika. Jadi tak salah jika banyak perempuan yang kepincut dengan investasi emas jenis ini.

Namun, perlu diingat bahwa profit dari investasi ini bersifat jangka panjang. Selain itu, saat menjual emas, pastikan jika harga jual sudah mampu menutupi harga beli.

3. Koin emas

Ini dia jenis investasi emas yang cukup unik, yakni koin emas. Kamu bisa mengoleksi berbagai koin emas dan mendapatkan keuntungan. Beberapa jenis koin yang bisa dipilih adalah koin emas kuno dan koin emas mata uang.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Indonesia mengenal koin emas dinar (PT Antam) dan Ongkos Naik Haji (ONH). Meski makin diminati, pastikan kalau kamu sudah paham akan pajak pertambahan nilai (PPN) yang berlaku saat beli emas.

4. Sertifikasi Emas

Seseorang yang khawatir merugi karena kehilangan emas, bisa beralih pada investasi sertifikasi emas. Selembar kertas akan menjadi bukti dari kepemilikan akan emas tersebut.

Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir lagi jika kehilangan emas karena pasti menekan risiko kehilangan. Emasmu akan aman di tangan yang tepat. Kamu pun tak perlu pusing untuk membayar deposit box.

5. Reksa dana emas

Apakah kamu tertarik untuk mendapatkan profit tanpa perlu memiliki emas secara fisik? Jika iya, bisa mulai berinvestasi pada reksa dana emas. Kamu bisa mendapatkan profit dari transaksi saham perusahaan pertambangan emas maupun dari adanya perdagangan fisik emas.

6. Exchange trade fund emas

Selintas, investasi ini mirip dengan reksa dana emas. Meskipun demikian, tetap ada perbedaan mendasar antara kedua investasi emas ini. Exchange trade fund emas ini sedikit lebih rumit karena proses transaksi berada di lantai bursa.

7. Emas kuno

Pada umumnya, emas kuno memiliki bentuk berupa koin. Karena memiliki nilai historis, investasi emas kuno pun makin dilirik. Satu lagi, cukup sulit memang saat harus mematok harga emas kuno.

Intinya adalah harga emas kuno akan semakin mahal jika usianya semakin tua. Oleh karena itu, kamu harus membekali diri dengan modal yang besar untuk mencari emas kuno. Tak salah lagi jika investasi ini cenderung disukai oleh para kolektor.

8. Emas lokal

Selain Antam, masih ada industri berukuran kecil yang memproduksi emas. Tantangan terbesar untuk investasi ini adalah kamu harus jago dalam menawar. Karena diproduksi oleh lokal, maka tidak ada patokan harga yang jelas.

Sehingga, kamu diharuskan untuk lebih cerdas dalam menawar sesuai dengan kadar. Nah, investasi emas memang banyak jenisnya. Kini, kamu punya banyak alternatif untuk memulai investasi emas.

Post Terkait