Ingin Membuka Bisnis? Pertama-tama, Tentukan Dulu Modal Usaha

Saat ini, banyak orang yang berlomba lomba untuk membuka usaha sendiri karena dapat lebih menguntungkan ke depannya. Terlebih lagi, ada beberapa kisah sukses dari pengusaha pengusaha yang menjadi inspirasi bagi kebanyakan orang. Namun, sebenarnya membuka usaha tidak semudah yang dibayangkan. Salah perhitungan sedikit saja, dapat membuat Anda gagal bahkan mengalami kebangkrutan. Untuk itu, pentingnya mengetahui hal-hal dasar saat akan membuka usaha, berikut ini penjelasannya.

 Salah satu modal penting yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis adalah mental kuat serta tahan banting. Hal ini dikarenakan akan banyaknya rintangan yang harus dihadapinya selama menjalankan bisnisnya tersebut. Untuk itu, pentingnya memiliki mental yang kuat agar tetap dapat berpikiran optimis, positif, dan tentunya berani dalam mengambil keputusan yang ada.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin membuka usaha sendiri, tentunya harus memantapkan pikiran karena pemasukan kini tak hanya berasal dari gaji bulanan saja. Sebagai pengusaha, penting untuk dapat berpikir tepat untuk mendapatkan keuntungan.

2. Perencanaan Bisnis

Saat Anda berkeinginan untuk menjalankan usaha atau bisnis, tentunya dibutuhkan perencanaan yang matang mengenai bisnis yang akan dijalankan. Dengan adanya perencanaan yang matang, Anda bisa meminimalisir kesalahan selama bisnis. Selain itu, rencana yang dimiliki juga harus fleksibel karena kondisi pasar yang berubah-ubah setiap waktunya. Kemampuan beradaptasi ini sangat diperlukan karena kondisi yang dapat berubah-ubah.

3. Mengenali Produk dan Pasar

Hal lainnya yang penting dan menjadi dasar dari sebuah bisnis adalah bagaimana Anda dapat mengenali produk dan pasar. Hal ini merupakan strategi awal dari pembangunan bisnis. Cobalah untuk mengkaji para kompetitor, misalnya strategi apa yang mereka gunakan. Selain itu, tanyakan pada diri sendiri nilai jual yang dimiliki serta pasar mana yang menjadi tujuan.

4. Menentukan Modal Usaha

Ketika Anda ingin membuka sebuah usaha, sudah jelas modal menjadi salah satu pondasi dari usaha yang akan dijalankan. Dengan tidak adanya modal, bisnis tersebut tidak akan dapat berjalan dengan baik. Sebelum memulai usaha, akan lebih baik jika Anda membagi dahulu kategori dari modal bisnis.

• Modal Awal, yang dimaksud dengan modal awal di sini adalah modal yang digunakan untuk memulai membangun bisnis tersebut. Misalnya, ketika ingin membuka usaha katering tentu saja Anda membutuhkan tempat, alat-alat masak, dan lain sebagainya. Hal inilah yang disebut dengan modal awal.

• Modal Kerja, modal kerja merupakan modal yang digunakan untuk membeli ataupun memproduksi barang atau jasa. Modal ini biasanya akan dikeluarkan dalam satu periode tertentu.

• Modal operasional, modal yang digunakan untuk membiayai operasional dari bisnis yang dijalani. Misalnya, listrik, telepon, dan biaya operasional lainnya.

5. Mengurus Perizinan Usaha

Indonesia merupakan negara hukum, sehingga sebagai warga negara yang baik, Anda harus menaati setiap aturan yang ada termasuk dalam hal mengurus bisnis. Tentunya, Anda tak ingin ada urusan dengan pemerintah terkait bisnis yang dijalankan, bukan? Untuk itu, Anda harus mengurus legalitas dari usaha yang dijalankan agar usaha tersebut resmi dan legal.

Anda harus mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang bisa diurus di instansi daerah sesuai tempat tinggal. Nantinya, Anda akan dibimbing oleh petugas setempat untuk mengurus perizinan tersebut. Sehingga, Anda tak perlu bingung ataupun susah dalam mengurusnya. Biasanya, Anda akan dimintai beberapa data diri seperti fotokopi KTP, NPWP, dan masih dokumen lainnya.

6. Cara Mempromosikan Usaha Anda

Setelah semuanya dipersiapkan dengan matang, tentu saja Anda harus mengetahui cara yang tepat untuk mempromosikan usaha yang dijalankan. Promosi akan membuat usaha tersebut dikenal oleh pasar dan konsumen. Untuk itu, promosi teramat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Anda bisa menggunakan media offline atau online sebagai media promosi. Dari mulai potongan harga, paket murah, dan lainnya bisa dicoba untuk mempromosikan bisnis Anda.

Tanamkan Niat dan Tekad yang Kuat

Menjalankan sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kurangnya niat dan tekad dalam diri Anda. Untuk itu, bekali diri dengan niat

Post Terkait