Ingin Kaya Seperti Warren Buffett? Ini Tipsnya

Warren Buffett dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia melalui keahliannya berinvestasi. Bahkan Ia pernah dinyatakan menjadi orang terkaya di dunia menurut Forbes pada tahun 2010.

Sekarang, Buffett menjadi orang terkaya nomor 4 dunia. Jumlah kekayaan Buffett adalah US$ 76,3 miliar atau setara Rp 1.014 triliun.

Hal ini tentu tidak terlepas dari sikap atau tindakannya dalam mengelola keuangan. Bagaimana Warren Buffett dapat menjadi kaya? Berikut tipsnya:

1. Bergaul dengan orang-orang yang lebih baik
Bergaulah dengan orang-orang yang lebih baik dari Anda. Anda pun akan berjalan ke arah tersebut karena faktor lingkungan dan sosial sangat turut berpengaruh

2. Berani mengambil keputusan dan berani berkata tidak
Satu perbedaan besar antara orang sukses dan tidak adalah orang sukses berani untuk mengambil risiko dan senang mengatakan tidak.

3. Hindari ingin cepat kaya
“Pasar saham bukan permainan disebut langsung pukulan. Anda tidak perlu ayunan. Anda hanya menunggu waktu,” kata Buffett. Tidak ada kekayaan yang didapatkan secara instan. Dalam investasi pun juga begitu. Hindari ingin kaya dengan cara cepat.

4. Pilih produk investasi yang tepat
Investasi segera, jangan spekulasi sebelum memulai investasi, pastikan kita menganalisis produk investasi apa saja yang memberikan imbal hasil (yield) yang baik. Di sini, jangan tergoda dengan yield yang signifikan, misalnya tergoda yield 200% per tahun. Namun yang penting adalah uang kita aman, bukannya menyusut.

5. Alokasikan uang secara efisien
Jika Anda memiliki saham yang kurang berprospek bagus, maka segera jual saham tersebut dan investasikan ke saham lain yang lebih menguntungkan.

6. Berbagi
Ini yang paling sulit ditiru. Buffett dianggap sebagai salah satu orang terkaya. Namun dia juga terus mendermakan kekayaannya ke pihak lain. Contohnya dia baru saja mendermakan US$ 31 miliar ke yayasan milik Bill Gates. Anaknya justru hanya diberikan satu portofolio saham yang dimilikinya. Anehnya, jumlah kekayaan yang dibagikan ke orang lain itu melebihi jumlah kekayaan yang dibagikan ke anak cucunya. Baginya uang bukanlah segalanya.

Berikut adalah 6 hal sederhana yang dapat Anda pelajari dari Warren buffett. Semoga bermanfaat..

Post Terkait