Industri Properti Sedang Lesu, Gubernur BI: Itu Sesuatu yang Normal

Sektor properti Indonesia dinilai masih dalam posisi yang memprihatinkan. Pasalnya, hingga saat ini posisi dari sektor properti Indonesia belum bisa naik, bahkan cenderung turun.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menilai wajar apabila saat ini industri di sektor properti cenderung melemah. Karena pada periode sebelumnya, pertumbuhan di sektor properti sangat tinggi sekali.

“Kan kalau sektor properti mungkin di periode sebelum ini pertumbuhannya tinggi sekali dan kalau sekarang ini ada terkoreksi itu adalah sesuatu yang normal,” ujarnya saat ditemui di Bank Indonesia Rabu 26 Juli 2017 malam.

Meski begitu lanjut Agus, confidence ekonomi secara umum di Indonesia sangatlah baik. Apalagi setelah tiga lembaga rating dunia memberikan layak investasi ke Indonesia

“Tapi secara umum confidence terhadap ekonomi indonesia baik. Apalagi setelah tiga rating agency utama semua menyatakan indonesia investment grade. Aliran dana yang masuk semakin besar,” jelasnya.

Menuru Agus, meskipun pada Juli 2017 agak sedikit terkoreksi untuk aliran dana yang masuk ke Indonesia. Namun hal tersebut lebih disebabkan karena para investor yang ingin mengunci profitnya.

“Kalau kemarin bulan Juli ada sedikit koreksi itu lebih karena investor mau mengunci profit dan ada sedikit rebalancing,” pungkas Agus.

Post Terkait