India-Rusia Raih Pinjaman USD400 Juta

Bank Pembangunan Baru (New Development Bank/NDB) yang berbasis di Shanghai menyetujui dua proyek pembangunan infrastruktur di India dan Rusia dengan pinjaman sebesar USD400 juta.

Bank Pembangunan Baru, yang sebelumnya disebut BRICS Development Bank, adalah bank pembangunan multilateral yang didirikan oleh negara-negara BRICS (Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan).

Pinjaman tersebut akan digunakan untuk merehabilitasi sistem kanal Indira Gandhi di India, dan membangun sebuah koridor transportasi tol yang menghubungkan pusat kota Ufa ke jalan raya federal M-5 di Rusia.

“NDB didirikan untuk memobilisasi sumber daya untuk pembangunan infrastruktur dan pembangunan berkelanjutan di BRICS serta negara-negara berkembang lainnya, dan kedua proyek yang disetujui ini sepenuhnya sesuai dengan mandat bank dan rencana pembangunan nasional negara-negara anggota kami,” kata K.V. Kamath, presiden NDB.

NDB didirikan dengan modal dasar awal 100 miliar dolar AS setelah pemimpin Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan menyetujui pendiriannya selama Pertemuan BRICS ke-6 di Fortaleza, Brazil, pada 2014. Bank ini dibuka secara resmi di Shanghai pada 2015.

NDB menyetujui tujuh proyek pada 2016 dengan total nilai USD1,5 miliar. Bank tersebut mengatakan pembangunan infrastruktur berkelanjutan akan menjadi fokus utama operasi bank tersebut dalam lima tahun ke depan.

Post Terkait