Hary Tanoe: Ingat, ke Depan adalah Era Digital

Chairman and CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyadari saat ini merupakan era digital. Diketahui, digitalisasi berkembang dengan pesat dan memengaruhi berbagai lini kehidupan.

“Pesan saya kepada kawan-kawan ingat ke depan adalah era digital,” katanya di depan anggota Manager Forum di Gedung iNews, Kompleks MNC, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2017).

Cepatnya pertumbuhan teknologi digital membuat Hary meminta agar seluruh karyawannya tidak melulu hanya fokus menggarap bisnis yang bersifat fisik. Karena pada akhirnya bisnis yang terpaku pada pembangunan fisik akan menemui titik batas.

“Jadi jangan hanya terpaku membangun fisikal bisnis. Kalau kita mau mengejar perusahaan lain bangun cabang di seluruh Indonesia tidak akan pernah bisa ngejar,” paparnya.

Namun demikian, dia tidak mengesampingkan peran bisnis yang berbasis fisik. Hanya saja di era digital ini perlu dilakukan penyesuaian agar tidak tertinggal. “Kita harus mampu pelan-pelan ekspansi bukan mentransformasi total, artinya kita pindah tapi ekspansi ke arah digital,” lanjutnya.

“Yang pertama sistemnya digital, menuju ke produknya digital. Karena saya percaya suatu saat fisikal paper (koran fisik), uang cash itu tidak ada lagi. Orang bayar semuanya pakai aplikasi. Itu yang saya percaya akan terjadi,” tambahnya.

Post Terkait