Harga Bitcoin Sentuh Rekor Baru Lampaui Level 5.100

Nilai bitcoin berhasil mencapai rekor barunya seiring dengan meningkatnya minat investor yang mendorong reli harga criptocurrency (mata uang digital).

Menurut data Coindesk, harga bitcoin mencapai level tertingginya sepanjang masa di US$5.167,90 pada awal perdagangan hari ini, Kamis (12/10), melampaui rekor yang dibukukannya pada 2 September di US$5.013,91.

Investor tampaknya telah mengabaikan banyak berita negatif baik dari pernyataan sejumlah pemimpin bisnis maupun tindakan pihak regulator terhadap bitcoin.

Pada September, CEO JPMorgan Chase & Co., Jamie Dimon, menyatakan akan memecat karyawan yang didapati melakukan transaksi bitcoin. Menurut Dimon, cryptocurrencyadalah suatu bentuk penipuan dan bahwa perdagangannya tidak akan berakhir dengan baik.

Bulan lalu, pihak otoritas China melarang pertukaran cryptocurrency dengan dihentikannya operasi sejumlah bursa penukaran terbesar di negara tersebut.

Pemerintah juga melarang langkah penawaran koin awal (initial coin offering/ICO), sebuah cara bagi para startup cryptocurrency untuk menghimpun uang melalui penerbitan token.

Namun laporan yang telah muncul dalam beberapa hari terakhir menunjukkan bahwa perdagangan pada negara dengan perekonomian terbesar kedua dunia tersebut dapat berlanjut.

Sebuah laporan oleh Cryptocoinnews.com, mengutip kantor berita milik pemerintah China yakni Xinhua, mengabarkan bahwa perdagangan bitcoin kemungkinan akan berlanjut dengan peraturan yang lebih banyak.

Peraturan tersebut dapat mencakup aturan perizinan baru dan anti pencucian uang yang harus dilaksanakan oleh bursa penukaran.

“Spekulan memiliki sentimen bullish terhadap nilai bitcoin dengan antisipasi atas reintegrasi China dengan pasar kripto global,” terang Aurelien Menant, CEO bursa penukaran criptocurrency Gatecoin, seperti dikutip dari laman CNBC, Kamis (12/10/2017).

Meningkatnya dukungan dari sejumlah institusi juga bisa membantu mendorong performa cryptocurrency. Juru bicara Goldman Sachs baru-baru ini mengungkapkan sedang menjajaki operasi perdagangan bitcoin.

Sementara itu, mantan hedge fund manager Michael Novogratz memulai investasi sebesar US$500 juta dalam cryptocurrency. Awal pekan ini, Novogratz mengatakan kepada CNBC bahwa harga bitcoin bisa mencapai US$10.000 dalam enam hingga sepuluh bulan ke depan.

Post Terkait