Gubernur BI: Konsistensi Pengendalian Inflasi Perlu Diteruskan

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menekankan pentingnya konsistensi dalam menjaga inflasi negara. Upaya dalam menjaga inflasi menurutnya harus dilakukan secara konsisten.

“Ke depan konsistensi kita dalam mengendalikan inflasi perlu terus diteruskan,” kata Agus dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2017 di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Dengan adanya tindakan secara konsisten dalam menjaga angka inflasi, dia optimis inflasi Indonesia pada 2017 bakal berada di posisi sesuai yang telah dirumuskan sebelumnya. Selain itu, dengan adanya konsistensi dia berharap target inflasi 2018 dapat terwujud.

“2017 inflasi diperkirakan tetap pada sasaran inflasi 2017 yaitu 4% plus minus 1%. 2018 nanti sasaran inflasi ditetapkan lebih rendah menjadi 3,5% plus minus 1%. Ini jadi tantangan kita bersama untuk sejajarkan Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN),” lanjutnya.

Guna memuluskan tujuan tersebut, Agus mengatakan ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Pertama, Indonesia harus melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur nasional yang saat ini menjadi fokus utama agenda kerja pemerintah.

“Kedua menjaga ketersediaan pasokan pangan melalui pengaturan produksi dan penguatan kelembagaan. Ketiga mempercepat pembenahan efisiensi tata niaga komoditi pangan,” lanjut Agus.

Yang ke empat, kata dia pemangku kepentingan harus terus memperkuat Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) sebagai sistem informasi pangan di era digital ekonomi agar ketimpangan informasi harga pangan yang berisiko menyebabkan peningkatan ekspektasi inflasi yang berlebihan bisa dikurangi.

“Kelima mencermati ketepatan penentuan waktu penetapan harga energi domestik agar dampak lanjutan ke inflasi harga barang lainnya dapat diminimalkan,” tukasnya.

Post Terkait