‘Gadaikan’ 3 Anak Usaha ke Pasar Modal, PP Properti Incar Rp12 Triliun

PT PP Properti berencana untuk memboyong tiga anak usahanya ke pasar modal. Tiga entitas anak tersebut antara lain, PT PP Presisi, PT PP Energi dan PT PP Urban.

Direktur Utama PTPP Tumiyana menyatakan, dengan melepas tiga anak perusahaan, maka total dana yang akan dihimpun kurang lebih Rp10 triliun hingga Rp12 triliun. Adapun rincian dari IPO tersebut, terdiri dari PT PP Presisi sebesar Rp3 triliun, PT PP Energi sebesar Rp5 triliun dan PT Urban sekira Rp3 triliun.

Proses penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) sedianya akan dilangsungkan pada medio kedua tahun 2017. Dia berharap, IPO tiga anak usaha bakal rampung bukan Desember.

“Kami masih akan melaksanakan IPO tiga anak usaha di semester II-2017,” ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Tumiyana menambahkan, PT PP Presisi adalah anak usaha yang dijadwalkan akan melakukan go public terlebih dulu. Rencananya, perusahaan yang bergerak di bidang pekerjaan sipil ini akan dilepas pada Oktober 2017. Pendaftaran IPO PT PP Presisi akan diajukan ke OJK dan BEI pada Agustus. “Jadi ditargetkan dapat melantai di BEI pada Oktober 2017,” ujar dia.

Khusus untuk PT Presisi, perseroan akan melepas sekitar 35% saham kepada publik. Ada empat Sekuritas yang membantu proses IPO PT PP Presisi, yaitu Danareksa Sekuritas, CIMB Securities, Bahana Sekuritas, serta Mandiri Sekuritas. Rencananya, dana yang diraih perseroan ini akan digunakan untuk investasi dan modal pada setiap lini bisnis.

Post Terkait