Duh, Penurunan Suku Bunga Perbankan Butuh Waktu 3 Bulan

Bank Indonesia (BI) memperkirakan suku bunga kredit perbankan akan turun, menyusul langkah BI yang menurunkan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin dari 4,5% menjadi 4,25%.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI), Dodi Budi Waluyo menyatakan penurunan suku bunga acuan BI tidak begitu saja akan diikuti oleh turunnya suku bunga kredit perbankan.

Dia memperkirakan, perbankan membutuhkan waktu sekira tiga bulan untuk membuat kebijaakn suku bunga kredit mereka turun atau tidak, setelah adanya penurunan suku bunga acuan BI.

“Biasanya perbankan membutuhkan waktu sekitar tiga bulanan untuk mengambil sikap, kita lihat saja nanti,” kata Dodi di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Dodi menjelaskan, perbankan masih memerlukan konsolidasi dan masih mempertimbangkan kondisi sektor perbankan saat ini, misalnya melakukan pembenahan terhadap rasio kredit macet (non performing loan/NPL). “Dan itu juga menahan untuk landing, dan menahan kepada suku bunga untuk diturunkan,” jelasnya.

Meski demikian, dia yakin tingkat suku bunga acuan yang diberlakukan saat ini terbilang memadai dan sudah sesuai dengan prakiraan inflasi serta makroekonomi ke depan.

Post Terkait